Digital

Kolaborasi Strategis Emtek dan Grab untuk Digitalkan UKM

SUMBER: GRAB

PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (Emtek) menggelontorkan dana sebesar US$ 375 juta atau sekitar Rp 5,4 triliun kepada Grab Indonesia. Investasi ini menjadi langkah terbaru kolaborasi strategis kedua perusahaan.

Prioritas dari kolaborasi ini adalah memperluas digitalisasi hingga tingkat kabupaten di Indonesia. Dan, jika dikerucutkan lagi, fokus dari kedua perusahaan adalah usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM). Pasalnya, meski tercatat sebesar 99% bisnis di Tanah Air merupakan UKM namun hanya 21% yang memiliki akses digital.

Melalui kerja sama ini, Emtek dan Grab ingin menggabungkan keunggulan dari dua ekosistem. Mulai dari bisnis media, all commerce, dan content production. Inisiatif utama yang ingin mereka tegaskan adalah program akselerator untuk UKM dengan menawarkan solusi teknologi yang didukung Bukalapak dan Grab.

“Kami memiliki tekad yang sama dengan Grab untuk membuat kehidupan masyarakat Indonesia menjadi lebih baik melalui teknologi. Dengan kolaborasi ini, kami dapat memperkuat infrastruktur digital dan membangun ekonomi digital Indonesia yang menjangkau semua,” ujar Managing Director Emtek Group Sutanto Hartono.

Senada dengan Sutanto, President Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata menuturkan seiring dengan langkah Indonesia menuju Industri 4.0, mereka berharap tidak ada yang tertinggal. Karena itu, kolaborasi ini juga menjadi wujud dari komitmen bersama untuk menciptakan pemerataan peluang bagi masyarakat.

Akselerator Digitalisasi

Grab dan Emtek Group akan menghadirkan Festival Kota Mapan (Kolaborasi Nyata Untuk Masa Depan. Festival ini merupakan program akselerator yang bersifat menyeluruh dan menargetkan UKM di kota-kota tier 2 Indonesia.

Festival Kota Mapan pertama rencananya akan diselenggarakan di Solo pada September 2021. Festival ini menargetkan keikutsertaan 1.000 UKM dan fokus pada dukungan terintegrasi yang bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas UKM.

Para UKM yang terlibat bisa mendapatkan pelatihan yang dikurasi dan insentif. Selain itu, mereka juga dapat memanfaatkan solusi teknologi didukung Bukalapak, GrabFood, GrabKios, dan GrabMart.

Festival Kota Mapan melengkapi kolaborasi Emtek Group dan Grab yang telah terjalin. Grab juga bermitra dengan Bukalapak untuk menyediakan layanan-layanan seperti pengantaran secara instan dan same-day melalui GrabExpress. Selain itu, ada pula produk digital GrabKios seperti isi ulang pulsa di platform Mitra Bukalapak bagi pemilik kios di 500 kota.

Tidak berhenti di digitalisasi UKM, Grab dan Emtek Group juga akan menjajaki peluang bersama untuk berinvestasi dan membimbing perusahaan start-up Indonesia. “Kolaborasi ini juga menegaskan komitmen kami untuk menghadirkan lebih banyak solusi digital untuk mendorong pemulihan ekonomi Indonesia,” pungkas Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi.

MARKETEERS X








To Top