Komitmen P&G dan Save the Children Perkuat Program We See Equal

marketeers article
Sumber: Dokumentasi P&G

Procter and Gamble (P&G) Indonesia, perusahaan FMCG bersama Save the Children kembali melanjutkan komitmennya dalam program We See Equal (WSE) untuk membentuk lingkungan yang setara, positif gender, dan aman bagi anak-anak, khususnya di Cianjur dan Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Setelah konsisten berjalan selama enam tahun, pada kesempatan ini P&G dan Save the Children berbagi pandangan serta pembelajaran terkait perkembangan implementasi program tersebut di sekolah-sekolah binaan WSE. Tidak hanya itu, kedua pihak juga mempertegas komitmennya untuk memperkuat program di fase berikutnya.

Sejak 2018 hingga Desember tahun 2023, program WSE telah memberdayakan sebanyak 26.998 anak, 1.874 guru, dan 2.990 orang tua. Namun, pencapaian ini tidak hanya terbatas pada lingkup sekolah, melainkan juga melibatkan komunitas secara luas.

Program ini telah mencakup sebelas desa, melibatkan 551 tokoh masyarakat, 77 staf pemerintah, dan berhasil membentuk sebelas Forum Anak di bawah bimbingan WSE.

BACA JUGA: Komitmen P&G Indonesia dalam Mengelola Sampah Plastik

Melihat dampak positif yang dihasilkan, pemerintah lokal pun mengambil inisiatif untuk mereplikasi dan mempromosikan modul WSE ke lebih banyak sekolah, yaitu mencakup 20 sekolah di Cianjur dan 30 sekolah di Kabupaten Bandung.

Saranathan Ramaswamy, Presiden Direktur P&G Indonesia mengungkapkan sejak tahun 2018, para generasi muda Kabupaten Bandung dan Cianjur telah menjadi perhatian P&G dan Save the Children lewat program We See Equal, yang mana keduanya terus berupaya membentuk lingkungan yang setara, positif gender, dan aman bagi mereka. Hal itu dapat tumbuh dan berkembang untuk meraih kehidupan yang lebih berkualitas.

Tahun ini, upaya bersama keduanya untuk memberdayakan masyarakat telah berhasil memberikan edukasi melalui program WSE kepada sejumlah anak, guru, dan orang tua. Lebih dari itu, kedua pihak juga melibatkan elemen masyarakat yang lebih luas dan memfasilitasi sejumlah Forum Anak di bawah bimbingan WSE.

“Kami bersyukur atas apresiasi dan dukungan pemerintah terhadap dampak positif Program We See Equal dengan memperluas program ini ke 50 sekolah di Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung. Kolaborasi antara P&G, Save The Children, dan pemerintah ini menunjukkan kekuatan dari aksi kolektif. Ini merupakan bukti dari apa yang bisa kita capai ketika bekerja bersama untuk menciptakan dunia yang lebih baik bagi anak-anak kita,” ujar Saranathan dalam keterangan tertulis yang dikutip Marketeers pada Rabu (13/3).

BACA JUGA: Buka Klinik Baru, Ini Komitmen Skaer Aesthetic & Acupuncture Clinic

Pencapaian lain dari program WSE adalah memberikan dukungan kepada para pemimpin desa dalam membentuk Forum Anak Desa, sebuah wadah untuk anak-anak di desa menyuarakan kebutuhan dan ide-ide mereka, terutama yang berkaitan dengan kesejahteraan mereka. Forum-forum ini dipimpin oleh anak-anak, dan difasilitasi oleh anggota masyarakat yang dewasa.

Dessy Kurwiany Ukar, Plt CEO Save the Children mengatakan kemitraan strategis antara Save the Childrendengan P&G telah berjalan sejak lima tahun terakhir. Save the Children bangga menjadi bagian dari program P&G We See Equal yang telah menunjukkan perubahan yang signifikan, khususnya di Kabupaten Bandung dan Cianjur.

“Dengan semangat dan nilai yang sama, kami berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang setara, positif gender, dan aman bagi anak-anak di Indonesia tercapai. Kemitraan ini tentunya sangat berdampak positif terhadap perubahan hidup anak-anak di Jawa Barat. Kami harap, dampak positif dari program ini bisa diterapkan di sekolah-sekolah lain di sekitarnya,” tutur Dessy.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related