Career

Kompetisi Desain IFCA 2020 Undang Desainer Muda Ikut Serta

Photo Credits: 123rf

Kompetisi desain taraf nasional, Indonesia Fashion and Craft Awards (IFCA) 2020 resmi digelar. Berhadiah total Rp 65 juta untuk tiga orang pemenang, pendaftaran kompetisi ini dibuka selama 26 Agustus-30 September 2020.

Para desainer berusia di bawah 30 tahun menjadi sasaran utama program IFCA 2020. Mengambil tema The Challange in Uncertainty Era: Responsible Design for Sustainability, ajang ini mengajak para desainer muda mengeksplorasi desain produk yang ramah lingkungan untuk mendukung bisnis yang berkelanjutan.

Pertimbangan tersebut berangkat dari upaya untuk mengembangkan kesadaran dan kepekaan para desainer muda terhadap isu lingkungan dan sosial di sekitarnya.

“Desain yang baik bukan hanya mampu memberikan nilai tambah suatu produk dari sisi penampilan maupun manfaat bagi konsumen, namun juga bagaimana desain tersebut bisa meminimalkan dampak negatif bagi lingkungan,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Gati Wibawaningsih di Jakarta, Rabu (26/08/2020).

Peserta yang terpilih sebagai 100 nominator terbaik akan mendapatkan kesempatan mengikuti coaching tahap pertama. Kemudian, 14 nominator terbaik dari kategori kriya dan kategori fesyen terbaik akan mendapatkan coaching tahap kedua.

“Mereka juga akan mendapatkan fasilitasi biaya pembuatan prototype dan berkesempatan untuk mendapatkan akses ke pengrajin lokal dan akses pasar, serta material branding,” imbuh Direktur IKM Kimia, Sandang, Kerajinan, dan Industri Aneka Kemenperin E. Ratna Utarianingrum.

Juara pertama dalam kompetisi ini akan menerima hadiah Rp 30 juta, juara dua sebesar Rp 20 juta, dan Rp 15 juta untuk juara ketiga.

Calon peserta dapat mengakses informasi terkait IFCA 2020 dan mendaftar melalui situs BCIC Kemenperin (bcic-ikm.net) serta melalui akun media sosial @bcicofficial.

Most Popular








To Top