Consumer Goods

Kuartal III, Shopee Berhasil Ungguli Pemain E-Commerce Lain

PHOTO CREDIT: 123RF

Pandemi mengubah kebiasaan masyarakat dalam berbelanja yang lebih mengandalkan platform e-commerce. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh MarkPlus Inc. bertajuk Peta Persaingan E-Commerce di Indonesia Kuartal III Tahun 2020, Shopee menjadi e-commerce yang memiliki tingkat awareness tertinggi mengungguli pemain-pemain lain.

“Sebanyak 71% dari responden survei menjadikan Shopee sebagai menjadi platform e-commerce top of mind atau yang paling sering diingat. Disusul oleh Tokopedia sebanyak 15%, serta Lazada 8%,” kata Rhesa Dwi Prabowo, Head of High Tech, Property, & Consumer Goods Industry MarkPlus Inc., Kamis (17/09/2020).

Tidak hanya menjadi top of mind, Shopee menjadi pemimpinan pasar e-commerce pada kuartal III dengan 90% responden mengatakan Shopee sebagai platform yang pernah digunakan selama tiga bulan terakhir (Juli hingga September).

MarkPlus Insight: Peta Persaingan E-Commerce di Indonesia Kuartal III

Banyak faktor yang mempengaruhi mengapa Shopee menjadi favorit konsumen. Kontribusi campaign atau iklan Shopee di televisi maupun sosial menjadi salah dua faktornya. Sebagaimana yang dilihatkan di survei, iklan di televisi menjadi media awareness tertinggi (83%). Iklan yang muncul di website atau sosial media (73%) dan YouTube (70%) juga berkontribusi pada tingginya tingkat awareness.

“Shopee memiliki intentsitas yang tinggi dalam hal iklan di web dan media sosial dibandingkan dengan e-commerce lainnya. Faktor lain seperti UI dan UX juga berperan penting dalam membentu awareness pengguna,” jelas Rhesa.

Dari survei yang sama juga memperlihatkan, Shopee (77%) akan menjadi platform e-commerce yang dipertimbangkan oleh responden untuk digunakan kembali pada masa yang akan datang. Disusul oleh Tokopedia (64%), Lazada (40%), Bukalapak (32%), dan JD.ID (27%).

Menurut Rhesa, penawaran dan kenyamanan pengalaman berbelanja online yang ditawarkan mempengaruhi keputusan pengguna dan kesetiaan masyarakat Indonesia dalam memilih platform belanja online ke depannya.

Rhesa juga menuturkan, banyaknya pelaku usaha yang masuk ke ranah online membuat produk yang dijual Shopee lebih variatif sehingga mampu memimpin penjualan di beberapa kategori produk, seperti fesyen, perawatan dan kecantikan, produk digital, dan aksesoris fesyen.

“Saat ini, Shopee memiliki diferensiasi melalui berbagai program promo seperti Shopee Tanam 9.9JT dan Late Night Sale Rp 99. Customer experience saat ini juga menjadi salah satu poin penting bagi e-commerce untuk meningkatkan awareness. Karena, saat ini keamanan pelanggan menjadi nomor satu,” pungkas Rhesa.

Editor; Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top