Kunci Sukses BCA Sebagai Tempat Kerja Favorit Gen Z

marketeers article
YCA 2024. Sumber: Marketeers

PT Bank Central Asia (BCA) Tbk telah lama dikenal sebagai salah satu bank terkemuka di Indonesia. Namun, di balik citra konvensionalnya sebagai institusi keuangan, perusahaan ini juga telah berhasil memosisikan diri sebagai tempat kerja impian bagi Gen Z.

Laura Andiny, Vice President Human Capital Management di BCA mengungkapkan perusahaan terus berusaha untuk tetap relevan dengan perkembangan zaman. 

“Dari luar mungkin perusahaan terlihat seperti bank pada umumnya, dengan fokus pada layanan pelanggan dan penjualan. Namun, jika melihat lebih dalam, bekerja di perusahaan ini ternyata sangat menyenangkan,” ujarnya kepada Marketeers saat ditemui di acara Marketeers Youth Choice Award 2024, Jakarta Marketing Week 2024, Kamis (16/5).

BACA JUGA: Marketeers Youth Choice Award 2024: Merek-Merek Pilihan Gen Z

BCA memberikan perhatian besar pada pengembangan karier karyawan, terutama bagi lulusan baru. Laura menjelaskan perusahaan melihat potensi dan kompetensi dari setiap kandidat sejak proses rekrutmen. 

“Setelah mereka bergabung, kami terus mengembangkan mereka sesuai dengan potensi dan kompetensinya, sehingga mereka bisa terus bertumbuh dan mencapai apa yang mereka inginkan di perusahaan ini,” ujar Laura.

Kesehatan mental dan kesejahteraan karyawan juga menjadi prioritas di BCA. Perusahaan memiliki program wellbeing yang mendukung semua karyawan, termasuk Gen Z, untuk mencapai kesejahteraan mereka baik dari sisi finansial, materi, maupun mental. 

“Salah satu yang menarik adalah layanan konseling yang bekerja sama dengan vendor psikolog untuk mendengarkan dan membantu karyawan yang membutuhkan,” ucap Laura.

BACA JUGA: Menilik Strategi ANTAM Logam Mulia Menyasar Pasar Gen Z

Selain itu, budaya kerja dan lingkungan yang mendukung juga sangat penting bagi perusahaan untuk mempertahankan talenta muda. 

“Lingkungan kerja di BCA sangat kekeluargaan dan suportif. Leader dan anggota bekerja seperti teman, saling mendukung dan berbagi. Kami juga fokus pada continuous improvement, memastikan setiap karyawan bisa bertumbuh bersama BCA,” kata Laura.

Tak heran jika perusahaan ini disebut sebagai “Rumah Biru” oleh karyawannya. Istilah ini mencerminkan perasaan bahwa BCA adalah rumah kedua bagi mereka, tempat mereka merasa diterima dan didukung.

Dengan berbagai inisiatif dan program yang mendukung, BCA berhasil menciptakan lingkungan kerja yang menarik dan mendukung bagi Gen Z, menjadikannya salah satu tempat kerja impian bagi generasi muda di Indonesia. Hal ini pun membuat perusahaan berhasil meraih penghargaan Youth Choice Award 2024 untuk kategori “Dream Workplace” yang diselenggarakan oleh Marketeers.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related