Kunci Sukses Pererat Karyawan lewat Family Gathering

marketeers article
Cara Mempererat Hubungan Antar Karyawan lewat Family Gathering. (Dok. KSP)

Dalam era bisnis yang kompetitif, menjaga kolaborasi dan kerja sama yang kuat di antara anggota tim menjadi kunci kesuksesan. Family gathering dapat menjadi alat yang efektif dalam mempererat hubungan antarkaryawan di sebuah perusahaan.

Family gathering memberikan kesempatan bagi karyawan untuk berinteraksi secara informal di luar lingkungan kerja, memperdalam pemahaman satu sama lain, dan mengembangkan ikatan personal yang lebih kuat.

Melalui kegiatan seperti perjalanan, piknik, atau acara santai lainnya, karyawan memiliki peluang untuk berbagi pengalaman, minat, dan cerita pribadi, yang pada akhirnya memupuk rasa saling peduli dan dukungan dalam tim.

Hubungan yang lebih akrab ini dapat menghasilkan kolaborasi yang lebih produktif dan kreatif di tempat kerja, membawa dampak positif pada suasana kerja secara keseluruhan.

BACA JUGA: Wings Peduli Libatkan Karyawan Jadi Agen Perubahan untuk Lingkungan

Selain itu, strategi semacam ini juga mendorong loyalitas karyawan terhadap perusahaan, mengurangi turnover, dan menciptakan citra perusahaan yang peduli terhadap kebutuhan sosial dan emosional karyawan.

Perkuat Hubungan Antarkaryawan

Salah satu yang menerapkan strategi pemasaran satu ini adalah PT Krakatau Sarana Properti. Perusahaan memasang target untuk berkembang tidak hanya di wilayah Cilegon, Banten. Namun, Anak perusahaan PT Krakatau Steel ini juga ingin mengembangkan bisnisnya di luar Cilegon.

Direktur Utama PT Krakatau Sarana Properti Iip Arief Budiman mengatakan bahwa target tersebut bisa tercapai apabila ada kerja sama yang baik antarkaryawan. Menurut Iip, karyawan adalah aset penting untuk bisa membawa perusahaan berkembang pesat.

“Memperlakukan karyawan bukan hanya sebagai mitra tapi juga aset yang sangat penting. Karyawan harus dijaga dan dikelola lebih baik lagi. Kalau kita punya aset tetap seperti tanah saja kita pasti rawat dengan baik, apalagi sumber daya manusia,” ujar Iip dalam keterangannya kepada Marketeers.com, Selasa (15/8/2023).

BACA JUGA: Ulang Tahun, Bank DBS Ajak Karyawan Bersihkan Sampah di Jakarta

Iip menambahkan, rekan kerja di kantor sudah menjadi keluarga utama selain keluarga di rumah. Karena, mereka menghabiskan waktu bersama selama 8 jam setiap hari.

Menurut Iip, perusahaan punya tugas penting untuk menciptakan suasana kerja yang kondusif sehingga karyawan bisa bekerja dengan baik.

“Guyub antarsesama karyawan itu sangat penting. Karena mereka semua adalah keluarga. Menempatkan mereka sebagai keluarga itu penting agar tercipta suasana kolaboratif sehingga satu karyawan dengan karyawan lainnya bisa mengenal lebih dekat,” jelas Iip.

Sementara itu, Manajer Corporate Secretary PT Krakatau Sarana Properti Ahmad Iqbal menambahkan bahwa dalam meningkatkan hubungan antarkaryawan, dilakukan Family Gathering pada 11-12 Agustus dan 19-20 Agustus 2023. Family Gathering tersebut diikuti oleh seluruh karyawan PT KSP bersama keluarga.

“247 karyawan PT KSP bersama keluarga akan menjadi peserta Family Gathering yang dibuat dalam dua periode. Total acara ini akan diikuti oleh 688 peserta. Tema utama dari acara ini adalah memperkuat ikatan sebagai keluarga besar,” jelas Ahmad Iqbal.

Katanya lagi, Family Gathering ini akan menampilkan sejumlah acara yang bertujuan untuk memperkuat hubungan antara sesama karyawan juga keluarganya.

Diharapkan acara Family Gathering ini bisa meningkatkan semangat kerja para karyawan yang tentunya bisa memberikan dampak positif kepada kinerja perusahaan.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related