Lagi Wamil, RM BTS Tetap Rilis Album Solo pada Mei 2024

marketeers article
RM BTS (Foto: Instagram)

RM BTS akan segera comeback dengan merilis album solo bertajuk Right Place, Wrong Time pada 24 Mei 2024 mendatang. Hal ini disampaikan langsung oleh BIGHIT Music selaku agensi yang menaungi idol bernama asli Kim Nam Joon tersebut.

“Kami dengan bangga mengumumkan perilisan Right Place, Wrong Person, album solo kedua RM BTS. […] Antusiasme dan dukungan untuk RM dan album solo keduanya akan sangat kami apresiasi,” tulisnya dalam pernyataan resmi di Weverse, Kamis (25/4/2024) lalu.

Right Place, Wrong Person disebut sebagai album bergenre alternatif. Terdapat 11 lagu yang mengungkapkan berbagai emosi universal yang lumrah dialami semua orang di suatu momen dalam hidup, seperti perasaan sulit membaur.

BACA JUGA: Lebarkan Sayap ke Industri K-Pop, Charlie Puth Kolab dengan Stray Kids

Kabar ini tentu membahagiakan ARMY, sebutan untuk penggemar BTS. Namun di sisi lain, aktivitas comeback ini juga mengejutkan sebagian penggemar K-Pop lainnya, mengingat leader BTS itu sedang menjalani wajib militer (wamil).

RM tercatat mulai menjalani wamil pada 11 Desember 2023 sebagai prajurit aktif di Angkatan Darat. Idol berusia 29 tahun itu diperkirakan selesai bertugas pada 10 Juni 2025.

Bukan Idol Pertama yang Comeback saat Wamil

RM sendiri bukan member BTS pertama yang merilis lagu saat menjalani wamil. Rekan satu grupnya, yaitu V dan J-Hope, masing-masing juga sempat comeback dengan single Fri(end)s pada April 2024 dan mini album Hope on the Street Vol. 1 pada Maret 2024.

Bukan hanya BTS, member boy group lainnya, yaitu T.O.P BIGBANG, juga merilis single Flower Road bersama grupnya ketika sedang wamil pada 2018 lalu. Namun kala itu, perilisan tersebut membuat sang idol harus diperiksa oleh pihak berwajib.

BACA JUGA: 5 Artis K-Pop yang Pernah Tampil di Coachella, Terbaru LE SSEARFIM

Pemeriksaan itu dilakukan menyusul adanya kritik dari Perwakilan Distrik Yongsan. Mereka mengatakan, “Kami mempertanyakan apakah ia diperbolehkan merilis lagu. Administrasi Tenaga Kerja Militer akan segera memeriksanya dan memberikan jawabannya kepada kami.”

Menurut undang-undang yang ada, warga negara Korea Selatan yang sedang menjalani tugas sebagai pelayan masyarakat, termasuk menjalani wamil, memang tidak diperbolehkan memiliki pekerjaan lain di luar tugasnya.

T.O.P pun menjelaskan Flower Road sudah dipersiapkan bersama anggota BIGBANG pada tahun 2015-2016 silam, jauh sebelum menjalani wamil. Meski begitu, ia tetap diminta untuk memberikan dokumen kontrak yang berhubungan dengan produksi lagu tersebut.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related