Industry

Langkah Electronic City Perkuat Omnichannel

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang merupakan upaya untuk menekan penyebaran virus COVID-19  menjadi tantangan bagi para pemain di berbagai industri. Namun, sisi positifnya memicu para pebisnis mempercepat transformasinya, bukan hanya sekadar beradaptasi.

Ihsan Pribadi, Head of Marketing Communications Electronic City menyampaikan bahwa selama pandemi COVID-19, Electronic City mulai bertransformasi menghadirkan platform online yakni dengan eci.id agar senantiasa mengikuti pola perilaku konsumen yang telah berubah. Ia mengungkap platform online ini sangat membantu peningkatan sales growth. Selama tahun 2020 hingga 2021, penjualan berhasil naik sekitar 87%. Tidak hanya pola perilaku, produk yang diminati masyarakat pun berubah. Antara lain produk kesehatan dalam bentuk air purifier dan disinfectant box, uv sterilizer dan alat kebersihan rumah.

“Electronic City telah memiliki 61 gerai yang tersebar di 27 kota dan 14 provinsi di Indonesia, oleh sebab itu kami tetap mempertahankan esensi sebagai brick and mortar store meskipun transaksi didominasi secara online. Kami terus memperkuat sistem omnichannel seperti menjadikan gerai sebagai pick up point pembelian barang secara online,” tegas Ihsan pada acara Marketeers Goes To Mall Episode 7, Kamis, (09/09/2021).

Selama pandemi,  merupakan situasi sulit yang menyebabkan konsumen lebih tambah rasional. Untuk  itu Electronic City menawarkan value kepada konsumen yang berbeda dengan kompetitor.

“Value yang ditawarkan bukan sekadar gratis ongkos kirim saja. Kami menawarkan berupa originalitas produk, return policy seperti kebijakan 14 hari penukaran barang, dan loyalty program seperti membership. Value lah yang memicu konsumen untuk bertransaksi,” ungkap Ihsan.

Ia juga menambahkan bahwa konsumen di era modern saat ini lebih pintar untuk mengetahui produk terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli. Sehingga, peran human capital perlu diimbangi dengan memberikan brief dan simulasi untuk menjawab pertanyaan konsumen yang semakin pintar.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top