Lifestyle

Langkah Jitu Estetika dr. Affandi Utamakan Pelanggan

Berbagai industri dituntut untuk dapat memberikan kemudahan dalam layanan kepada konsumen di era sekarang. Menyikapi tuntutan tersebut, Estetika dr. Affandi mengintegrasikan semua layanan terkait perawatan kulit dan kecantikan dalam satu aplikasi  mobile Estetika dr. Affandi yang tersedia AppStore dan Playstore. Oleh sebab itu, hal tersebut menjadikan Estetika dr. Affandi berhasil meraih penghargaan Marketeers Omni Brand of The Year 2021.

“Kami selalu berpikir dari sisi pelanggan, terutama pasien. Dengan integrasi layanan ini, kami ingin memudahkan pasien mengakses layanan Estetika dr.Affandi melalui satu platform saja,” kata dr. Hengky Nur Hidayat, CEO Estetika dr. Affandi.

Menurutnya, pandemi merupakan momentum untuk memperkuat digitalisasi yang telah hadir sebelumnya. Estetika dr. Affandi sudah membangun platform layanan online baik untuk konsultasi maupun pembelian produk perawatan melalui e-commerce. Langkah digitalisasi tersebut dilatarbelakangi oleh upaya mewujudkan tiga brand values yang dimiliki klinik ini, yakni experienced , effective, dan effortless.

Ia menambahkan bahwa pandemi telah mendorong banyak perubahan di bisnisnya. Perubahan tersebut tidak hanya terjadi pada perilaku konsumen, tetapi juga pada produk sekaligus lanskap kompetisi. Saat ini masyarakat berpikir panjang untuk melakukan perawatan kulit di klinik langsung. Sementara, kebutuhan akan perawatan tersebut masih tinggi. Sebagai penyedia jasa, ia menegaskan Estetika dr. Affandi harus beradaptasi dengan perilaku masyarakat yang semakin mempertimbangkan keamanan dan kesehatan saat melakukan perawatan di Klinik.

“Banyak inisiatif yang kami lakukan. Kami memastikan protokol pencegahan penyebaran virus COVID-19 dilakukan secara ketat dan konsisten di seluruh area Klinik. Misalnya, kewajiban vaksin bagi seluruh tim yang bertugas. Penggunaan alat pelindung diri (APD) bagi seluruh tim medis. Kami juga memastikan ruangan udara di dalam klinik bersih dengan menyediakan air purifier. Kami memakai disposable bed sheet sekali pakai sehingga selalu baru untuk setiap pasien,” papar Hengky.

Tak sampai disitu, pada tahun ini klinik merilis fitur baru, yaitu online booking dan live chat consultation. Inovasi ini untuk melengkapi layanan photo consultation dan live video consultation. Dengan layanan ini, pasien bisa mengirim foto atau konsultasi secara live dan memberikan keterangan tentang kondisi kulit mereka. Selanjutnya, dokter akan memberikan resep produk perawatan berdasarkan hasil konsultasi tersebut.

“Terobosan live chat consultation ini untuk mengakomodir kebutuhan generasi muda yang selalu menginginkan layanan serba cepat, dimana pasien bisa konsultasi dengan dokter mengenai permasalahan kulit kapan saja dan di mana saja. Sehingga, diharapkan terobosan ini semakin menjawab kebutuhan pelanggan di masa pandemi dan di masa yang akan datang,” pungkasnya.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

Most Popular








To Top