Langsung Pacaran setelah Putus? Waspada Hanya Rebound Relationship

marketeers article
Ilustrasi rebound relationship (Foto: 123rf)

Apakah Anda sedang menjalin hubungan dengan orang yang belum lama putus dari pasangan sebelumnya? Kalau demikian, Anda harus lebih cermat karena bisa jadi itu hanyalah rebound relationship.

Hello Sehat mendefinisikan rebound relationship sebagai hubungan asmara yang dimulai tepat setelah putus, namun perasaan terhadap pasangan sebelumnya belum diselesaikan alias belum move on. Hubungan semacam ini biasanya terjadi hanya untuk pelampiasan.

Ini sejatinya bukan pilihan bijak, sebab hubungan baru yang dimulai terlalu dini tak benar-benar mengatasi rasa sakit dari asmara terdahulu. Malahan, akan kehilangan kesempatan untuk lebih mengenal diri sendiri dan mencari tahu apa yang dibutuhkan.

BACA JUGA: 4 Alasan Mantan Sudah Punya Pacar Baru meski Belum Lama Putus Cinta

Salah satu alasan yang membuat seseorang langsung memulai hubungan baru adalah tak tahan dengan rasa kesepian. Ia tidak mampu menahan kesedihan dari hubungan sebelumnya sendirian.

Hubungan yang dilandasi dengan kebutuhan agar tidak merasa kesepian memang cenderung tidak bertahan lama. Meski begitu, rebound relationship tidak selamanya kandas dalam waktu singkat. 

Ada pula hubungan yang mampu bertahan lama, bahkan hingga ke jenjang yang lebih serius. Berikut adalah beberapa hal yang berpotensi membuat rebound relationship bisa dipertahankan:

BACA JUGA: Mengenal Istilah Breadcrumbing dalam Hubungan

Saling Terbuka

Hal terpenting supaya hubungan baru ini bisa bertahan lama adalah keterbukaan dan kejujuran pada pasangan. Idealnya, pasangan Anda memberi tahu bahwa ia baru saja putus dan alasan yang menyebabkan putusnya hubungan tersebut.

Pastikan Hubungan Sebelumnya Telah Berakhir

Anda juga perlu memastikan pasangan dan mantannya sudah benar-benar berakhir dan tak lagi berhubungan. Pastikan pula mereka sudah tidak saling menghubungi satu sama lain di belakang Anda.

Tak Ada Lagi Penyesalan

Pastikan pula pasangan Anda sudah tidak lagi menyimpan rasa penyesalan dan keinginan untuk kembali bersama mantannya. Perhatikan apakah ia fokus dengan hubungan baru yang sedang dijalaninya, atau masih mengingat-ingat kenangan yang lalu.

Itulah beberapa hal yang bisa membuat rebound relationship bertahan lama. Intinya, komunikasikan segala sesuatunya dengan pasangan Anda. Semoga bermanfaat!

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related