Resource & Energy

Lebih Ramah Lingkungan, Pertamina Hadirkan Green Energy Station

Source: 123RF

Pertamina fokus dengan komitmennya untuk menghadirkan kehidupan yang lebih baik dan berkelanjutan (Go Sustainable), untuk itu kini telah hadir Green Energy Station atau GES yang tersedia di Jakarta dan Tangerang. Memiliki bentuk yang sama dengan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) kebanyakan, namun hadir dengan konsep yang berbeda karena mengusung kesan modern dan ramah lingkungan.

Konsep ramah lingkungan dan modern yang diterapkan dalam GES salah satunya  penggunaan Solar Photo Voltaic (PV) atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebagai salah satu sumber energi mandiri dalam operasional SPBU. Konsep dari solar PV juga efektif dalam mengurangi polusi, efek rumah kaca, dan efisiensi dalam hal biaya operasional SPBU. Jumalah rerata penghematan dari total penggunaan listrik untuk operasional tiap bulannya mencapai angka sekitar 12,5%.

“Konsep green ini merupakan konsep digunakan dalam operasional SPBU dengan energi yang berbasis ramah lingkungan. Kami memanfaatkan energi pembangkit listrik tenaga surya,” ungkap Deny Sukendar Setiadi,  Manager Fuel Channel & Partnership PT Pertamina Patra Niaga dalam diskusi virtual Marketeers iClub – The First Marketing iClub pada Jumat (29/10/2021).

Selain penggunaan sumber energi baru dan terbarukan, GES juga merupakan produk yang didigitalisasikan. Digitalisasi dimulai dari sisi hulu atau pasokan bahan bakar sebelum didistribusikan kepada konsumen, hingga ke hilir, yakni proses transaksi digital dengan konsumen melalui aplikasi MyPertamina.

“MyPertamina di sini kita optimalkan sebagai program digital channel bagi konsumen bertransaksi, kita ada juga digitalisasi ini juga dilakukan untuk mengoptimalisasikan biaya operasional SPBU dalam hal pelaporan reporting dan lainnya dalam kemudahan bertransaksi,” tambah Deny.

Tidak ketinggalan, melihat pesatnya kemajuan teknologi EV, Pertamina juga menyediakan layanan EV Ecosystem, yaitu charging station dan swapping station. SPBU yang menyediakan EV Charging telah tersedia di 4 SPBU di Jakarta dan 1 SPBU di Tangerang dengan biaya gratis.

“Meski demikian, Pertamina juga tetap menyediakan Pertamax Series dan DEX series sebagai BBM yang ramah lingkungan. Karena kami melihat pertumbuhan EV sedemikian pesat di beberapa tahun mendatang, maka kami mulai mencanangkan EV,tutup Deny.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

 

The Latest

To Top