Lewat Co-Creation, Ortuseightlifestyle X IST Rilis The Vagabond

marketeers article
The Vagabond (Foto: Ortuseightlifetsyle)

Brand lifestyle Ortuseightlifetsyle berkolaborasi dengan komunitas sepatu sneaker di Indonesia, Indonesian Sneaker Team (IST). Pendekatan co-creation ini melahirkan seri walkingshoes The Vagabond.

Pendekatan co-creation umumnya dilakukan untuk membuka pintu komunikasi perusahaan bersama konsumen atau komunitas agar menjadi lebih lebar. Keterlibatan konsumen dapat digunakan sebagai insight untuk mengembangkan produk yang ditawarkan.

IST sendiri merupakan sekelompok penggiat yang didorong oleh passion dan kecintaan yang sama terhadap sneakers yang kemudian berkembang menjadi komunitas sneakers terbesar di Indonesia. IST memiliki kurang lebih 80.000 anggota aktif dari Pulau Sumatera hingga Pulau Jawa.

The Vagabond

Hasil dari kolaborasi ini, Ortuseightlifetsyle menghadirkan The Vagabond dengan colorway concrete. Sepatu ini membawa desain dan warna yang menyasar kaum muda aktif, eksentrik dan dinamis.

Terinspirasi dari landscape perkotaan yang industrialis, penuh beton dan kaca, sepatu ini memiliki dominan warna palet abu-abu pada bagian upper sedingin beton. Warna ini diseimbangkan oleh pulasan warna merah biru pada sisi outsole yang mencolok.

BACA JUGA: Sepatu Lari Ortuseight Hypersonic 1.2 Dibanderol Rp 900 Ribuan

Secara organik tercetus sekitar enam colorway untuk siluet baru ini. Awalnya konsep yang kami ambil lebih ke double release dua colorway dengan tema besar yang senada. Hingga akhirnya colorway yang paling dijagokan adalah concrete,” ujar Raymond Zein, Creative Director IST.

Raymond melanjutkan, Concrete merupakan pilihan paling ideal untuk menggambarkan hutan beton perkotaan. Warna dingin dan muted khas beton digunakan sebagai mayoritas pilihan warna utama dengan sentuhan merah dan biru sebagai warna kontras.

The Vagabond disempurnakan pula oleh tagline Go Far, Get Lost, Find Yourself  dan logo khas yang juga merupakan sumbangan dari tim IST.

Melalui tagline yang dibawanya, Vagabond diharapkan dapat menjadi andalan penggunanya untuk melangkah, baik jalan yang mulus hingga yang tidak berbentuk sekalipun.

“Sementara logonya menggambarkan dua jalan yang saling silang. Hal ini sesuai dengan semangat komunitas yang suka ngobrol, nongkrong dan sharing. Dengan tambahan ikon bunga anggrek yang khas Indonesia, menggambarkan Ortuseight dan IST, brand dan komunitas anak bangsa, dari Indonesia,” imbuh Raymond.

BACA JUGA: Ortuseight Gandeng Bayu Saptaji Luncurkan Jogosala Vicious BBS SE

The Vagabond juga memiliki rentetan teknologi walkingshoes Ortuseightlifestyle yang didesain khusus menggunakan outsole sepatu lari. Di sisi lain, sepatu ini dibalut dengan upper yang berorientasi ke arah casual style agar nyaman dan tetap trendi untuk digunakan sehari-hari.

“Vagabond menggunakan teknologi CumulusFoam pada sepatu running yang udah terbukti kualitas kenyamanannya,” tutur Octrisany D.Putra, perwakilan PT Vita Nova Atletik.

Tak hanya itu, The Vagabond juga membawa teknologi QuickFit berupa material pelapis dalam upper sepatu yang lembut, berfungsi agar fitting sepatu pas dan langsung mengikuti bentuk kaki.

Lalu OrtFlow atau penggunaan material engineered mesh untuk bagian upper sepatu yang berventilasi. Teknologi ini berfungsi memaksimalkan aliran udara didalam sepatu.

Ditambah OrtShoX, berupa insole yang didesain sedemikian rupa dengan teknologi 3D molded untuk memberikan kenyamanan dan grip pada telapak kaki.

Untuk harga, seri kolaborasi khusus antara Ortuseight dan Indonesian Sneaker Team kali ini dibanderol Rp 699.000. Pembelian seri sepatu ini juga dilengkapi dengan official merchandise berupa jersey eksklusif.

Related