Digital

Lewat CRM, Blibli Bangun Kedekatan dengan Konsumen

Blibli sedang memperkuat hubungan mereka dengan para konsumen. Upaya ini dilakukan melalui strategi customer relationship management (CRM) perusahaan. Salah satunya dengan mengapresiasi pelanggan yang berkaca dari semangat #KarenaKamuNo1 dan visi untuk menjadi perusahaan e-commerce nomor satu dengan kepuasan pelanggan terbaik. 

Perusahaan menyiapkan berbagai program apresiasi pelanggan, di antaranya, program tambahan diskon sebesar Rp 100 ribu untuk pelanggan yang bertransaksi pada tanggal 4-5 September 2021 dengan menggunakan BNI Debit/Kartu Kredit dan Mandiri Kartu Kredit.

Bagi pelanggan baru yang melakukan transaksi pertama tepat pada 4 September 2021, akan mendapatkan kesempatan istimewa. Konsumen bisa menikmati transaksi belanja dengan cashback sebesar 40%. 

Khusus bagi INFINITE members, Blibli memberikan apresiasi atas kepercayaannya dengan memberikan voucer reward point khusus di akun Blibli Rewards mereka pada 4-6 September 2021.

“Blibli dirintis dan dibangun dengan prinsip utama yaitu kualitas dan mindset Customer Satisfaction First. Karena itu, berbagai tantangan dan perubahan menjadi pengalaman berharga sekaligus insight bagi kami dalam memahami serta memberikan hanya yang terbaik bagi pelanggan,” ujar Edward K. Suwignjo, Chief Marketing Officer Blibli.

Edward menambahkan bahwa perjalanan Blibli dalam pengembangan layanan selalu melibatkan pelanggan. Di antaranya melalui informasi atau pertanyaan yang disampaikan melalui Customer Care, baik mengenai produk, fitur dan layanan yang sering digunakan. “Dengan begitu, inovasi yang kami hasilkan tidak hanya sesuai kebutuhan, namun juga relevan bisa meningkatkan kepuasan pelanggan Blibli,” lanjutnya. 

Blibli juga memberikan pengalaman belanja dengan menawarkan seleksi produk lengkap dalam 20 kategori, seperti kebutuhan primer, elektronik, hingga keperluan gaya hidup lainnya yang didukung oleh lebih dari 100.000 mitra usaha. 

Selain itu, perusahaan memastikan distribusi barang yang cepat ke seluruh Indonesia dapat dilakukan dengan didukung 20 gudang barang dan 32 hub yang berlokasi di kota-kota besar. Fitur dan layanan omnichannel ini menjadi modal kuat Blibli. 

Perusahaan juga berhasil membaca beberapa karakter konsumen mereka. Seperti apa? 

Layanan pengiriman 2 Jam Sampai, fitur favorit baru

Pemilihan layanan pengiriman yang tepat bisa jadi faktor pengambil keputusan bagi pelanggan. Baru diluncurkan tahun ini, opsi pengiriman 2 Jam Sampai menjadi layanan favorit pelanggan Blibli. Layanan ini berbeda dengan layanan pengiriman instan yang sering dijumpai. Barang akan sampai di konsumen maksimal dua jam (termasuk waktu proses dan pengiriman) setelah konsumen melakukan pembayaran, bukan dua jam dalam pengiriman sejak barang diproses oleh penjual (yang bisa memakan waktu lebih lama).

Layanan ini bertumbuh sangat cepat terutama di masa pandemi ini, untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan barang barang yang sifatnya urgent mulai dari kebutuhan dapur hingga gawai. 

Banyak Pilihan untuk Menjangkau Customer Service Blibli

CS Blibli sangat mudah dijangkau dan dapat dihubungi selama 24 jam setiap hari, melalui enam channel baik melalui: chat, telepon dan Whatsapp (WA), email, Facebook, dan Twitter. 

Dari data operasional Blibli menunjukkan hampir 70% pelanggan berinteraksi dengan CS melalui fitur chat

“Apa spesifikasinya?”

Pertanyaan terbanyak yang diterima CS setiap hari adalah seputar informasi mengenai spesifikasi produk dan promosi. 

“Kombinasi teknologi dan pendekatan yang humanis menjadi basis melayani pelanggan di Blibli. Untuk itu, kenyamanan adalah hal utama yang kami dedikasikan kepada pelanggan agar tetap memilih Blibli sebagai support system mereka dalam hal memenuhi kebutuhan gaya hidup,” tutup Edward.

MARKETEERS X








To Top