Lewat Edukasi, Prudential Indonesia Bangun Bisnis yang Berkelanjutan

profile photo reporter Muhammad Perkasa Al Hafiz
MuhammadPerkasa Al Hafiz
25 Oktober 2021
marketeers article
Financial Inclusion write on book isolated on wooden table. Medical or Finance concept
Sambut bulan Inklusi Keuangan dan Hari Asuransi tahun 2021, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) menyelenggarakan pelatihan literasi keuangan dengan target potensial yaitu perempuan, anak, komunitas ekonomi Syariah, dan UKM. Pelatihan yang diusung melalui inisiatif Community Investment ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi keuangan masyarakat. Lebih dari itu, perusahaan juga sedang membangun keberlanjutab bisnisnya di masa depan. 
Sejatinya, nilai indeks inklusi keuangan Indonesia sudah melampaui target yang ditentukan yakni mencapai 76,19%. Angka ini sudah melampaui target Strategi Nasional Keuangan Inklusif sebesar 75%. Namun kondisi ini belum ideal lantaran angka tersebut memiliki selisih yang sangat jauh jika dibandingkan dengan indeks literasi keuangan sebesar 38,03%.
“Masih terdapat kesenjangan yang cukup besar antara indeks inklusi dan literasi keuangan. Oleh karena itu, kita perlu mengatasinya dengan membekali masyarakat pengetahuan untuk membuat keputusan keuangan yang cerdas dan memahami berbagai pilihan perencanaan keuangan yang tersedia,” ungkap Chief Human Resources and Community Investment Officer Prudential Indonesia Indrijati Rahayoe.
Untuk mengatasi kesenjangan tersebut, Community Investment melakukan beragam rangkaian program yang diklaim mampu meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia, di antaranya edukasi literasi keuangan untuk perempuan, anak, komunitas ekonomi Syariah, dan edukasi literasi keuangan untuk pelaku UKM.
“Prudential Indonesia melalui berbagai program Community Investment terus melatih kemampuan pengelolaan uang untuk empat segmen ini agar mereka dapat memiliki perencanaan keuangan yang sehat dan bisa mendapatkan yang terbaik dalam hidupnya,” ujar Indri.
Selain pelatihan, Prudential Indonesia sejak Desember 2020 telah aktif melakukan edukasi literasi keuangan yang terkait dengan literasi asuransi melalui media sosial dan media online dan telah menjangkau lebih dari 2,38 juta masyarakat Indonesia.
Aktifnya Prudential Indonesia dalam memberikan edukasi kepada masyarakat Indonesia tak lain karena hal ini merupakan bagian dari strategi bisnis mereka yang sekaligus dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat.
Pasalnya, edukasi tidak akan pernah lepas sebagai bagian dari strategi Prudential Indonesia dalam menjalankan bisnis, dan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat luas.
“Lebih dari itu, komitmen ini merupakan sikap proaktif selaku sektor swasta untuk terus mendukung pemerintah dalam mendukung kemajuan perekonomian bangsa sekaligus membuat masyarakat Indonesia lebih sehat dan sejahtera,” pungkas Indri.

Related