Lewat Kolaborasi, NS BlueScope Perkuat Ekspansi Bisnis di Indonesia

profile photo reporter Muhammad Perkasa Al Hafiz
MuhammadPerkasa Al Hafiz
21 Juni 2022
marketeers article
Kolaborasi NS BlueScope x CBM (Foto: NS BlueScope)

PT NS BlueScope Indonesia baru saja menjalin kerja sama dengan PT Cahaya Benteng Mas. Keduanya membangun kolaborasi merek bersama untuk meramaikan pasar industri baja di Indonesia. Di dalam penandatanganan kerja sama yang dilakukan pada 2 Juni 2022 ini, perusahaan tengah membangun kekuatan dalam upaya menjaga kualitas produk agar tetap prima sampai ke tangan konsumen.

”Sebagai pelopor inovasi baja lapis alumunium seng (BJLAS), BlueScope bermain di segmen pembangunan infrastruktur maupun perumahan di Indonesia. BlueScope merupakan perusahaan manufaktur baja yang telah memiliki rekam jejak dengan lebih 14 ribu karyawan di dunia,” jelas Lucky Lee, Presiden Direktur PT. NS BlueScope Indonesia dalam siaran perusahaan.

Di Indonesia, BlueScope hadir sejak tahun 1994 dengan memproduksi BJLS di pabriknya di Cilegon, Banten. Tahun 2013, BlueScope dan Nippon Steel sepakat untuk memenuhi kebutuhan baja lapis di ASEAN khususnya Indonesia dengan membentuk joint venture PT NS BlueScope Indonesia. Sejak itu pula, produk jadi BlueScope digunakan di berbagai jenis bagian bangunan, di antaranya penutup atap, dinding, rangka baja ringan, maupun untuk kegunaan lainnya seperti manufaktur.

Kali ini, PT NS BlueScope Indonesia menggandeng PT Cahaya Benteng Mas sebagai Rollformer yang telah hampir tiga dekade memproduksi dan memasok produk penutup atap dengan material yang di-supply oleh PT NS BlueScope Indonesia. Memiliki sembilan titik distribusi di seluruh Indonesia, kerja sama strategis merek  bersama akan menggunakan logo “Steel Supplied by BlueScope” pada merek “CBMRoof®, CBMTruss®, CBMHollow®, Seng Super KOALA®, Seng Super KOALA Berlian®.

Steel Supplied by BlueScope hadir sebagai komitmen kedua perusahaan dalam memberikan jaminan mutu kualitas rangka baja ringan, atap, dan rangka plafon untuk perlindungan konsumen. Untuk mempermudah komunikasi dengan konsumen, perusahaan menghadirkan tiga identifikasi warna pada merek bersama “Steel Supplied by BlueScope”. Tujuannya untuk memudahkan konsumen memahami kualitas dan peruntukan yang sesuai antara material dan kebutuhan aplikasinya.

Tiga warna tersebut, meliputi atap dan rangka baja ringan berwarna biru menggunakan AZ100 memiliki garansi 10 tahun ketahanan karat dan 5 tahun ketahanan warna. Lalu atap/dinding berwarna merah dengan AZ70 dan Interior/Hollow/Rangka Plafon berwarna hijau menggunakan AZ50.

“Kami fokus mengembangkan merek CBMRoof®, Seng Super Koala®, Seng Super Koala Berlian® untuk Atap menggunakan material AZ100 & AZ70 dari PT NS BlueScope Indonesia. Tidak ketinggalan pula merek CBMTruss® untuk rangka baja ringan yang menggunakan material AZ100 dari PT NS BlueScope Indonesia,” jelas Novia Budiman, Presiden Direktur PT Cahaya Benteng Mas.

Sedangkan merek CBMHollow® untuk hollow atau rangka plafon sepenuhnya menggunakan material AZ70 & AZ50 dari PT NS BlueScope Indonesia. Jaminan mutu dan keekonomisan produk atap, rangka baja ringan dan rangka plafon adalah fokus utama perusahaan untuk kepuasan serta perlindungan konsumen. Kegiatan edukasi kepada konsumen maupun para tukang/mandor terkait spesifikasi produk juga akan menjadi satu rangkaian kegiatan dari kerja sama merek ini.

“PT Cahaya Benteng Mas akan membawa kerja sama merek ini di wilayah distribusi di seluruh Indonesia dengan membawa logo ‘Steel Supplied by BlueScope’ berdampingan dengan merek ‘CBMRoof®, CBMTruss®, CBMHollow®, Seng Super Koala® dan Seng Super Koala Berlian®’ di seluruh materi promosi dan produk yang dipasarkan,” tutup Novia.

Related