Finance

Lewat Penghargaan, The Iconomics Apresiasi Pelaku Industri Asuransi

Ilustrasi: 123RF

The Iconomics belum lama ini menggelar apresiasi kepada perusahaan-perusahaan asuransi yang inovatif melalui virtual awarding. Bertajuk Most Innovative Insurance Companies Awards 2021, ajang penghargaan yang telah memasuki tahun keduanya ini menjadi bentuk penghargaan dari The Iconomics atas berbagai inovasi yang dilakukan perusahaan-perusahaan asuransi di Indonesia.

Perusahaan melihat, saat ini ada tiga disrupsi yang sedang dihadapi perusahaan-perusahaan asuransi. Mulai dari disrupsi pandemi COVID-19, disrupsi digital, dan disrupsi milenial. Dalam menghadapi ketiga disrupsi besar tersebut, perusahaan-perusahaan asuransi terus diuji untuk gesit melakukan berbagai inovasi.

Adanya berbagai inovasi yang dilakukan menjadi strategi perusahaan untuk meningkatkan daya saingnya dengan para kompetitornya. Sekaligus bisa menjadi daya tarik kepada masyarakat atau nasabah.

“Kami berharap semakin banyak inovasi-inovasi yang dilakukan perusahaan asuransi di Indonesia. Perluasan dan penguatan teknologi digital diharapkan akan semakin massif dilakukan oleh perusahaan-perusahaan asuransi, karena kita percaya teknologi digital akan meningkatkan efisiensi,” ujar Founder & CEO The Iconomics Bram S.
Putro.

Tim riset The Iconomics pun melakukan desk research dengan membuat penyaringan awal yang melihat kinerja perusahaan asuransi dari tahun 2020. Beberapa kinerja yang dilihat adalah premi neto dan laba setelah pajak perusahaan-perusahaan asuransi.

Selanjutnya tim riset melihat inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh perusahaan asuransi yang sudah difilter pada tahap awal. Untuk melengkapi penilaian, dilakukan survei persepsi dari penilaian responden yang dilakukan secara online oleh sekitar 300 responden di Jakarta dan Surabaya, dengan melihat product innovation, service
innovation dan image innovation.

Menurut Bram, apresiasi melalui Most Innovative Insurance Companies Awards 2021 hanya sebagai pemantik awal untuk memacu perusahaan untuk berlomba-lomba melakukan terobosan inovatif. Semakin banyak perusahaan asuransi yang inovatif tidak hanya menguntungkan perusahaan saja tapi juga menguntungkan bagi masyarakat. Dan tentunya dapat mendorong masyarakat untuk semakin melihat pentingnya berasuransi.

MARKETEERS X








To Top