Lewat Reels API, Meta Perluas Kemudahaan Networking Para Developer

profile photo reporter Adiva Maharani
AdivaMaharani
28 Juni 2022
marketeers article
Meta Logo (Foto: unsplash.com)
Meta secara resmi telah mengenalkan Reels API ke beberapa endpoint di aplikasi Instagram untuk pengembang. Komunitas pengembang yang menjadikan Reels sebagai prioritas utama dalam usahanya menjadi motivasi untuk perusahaan untuk menciptakan Reels API. Dalam layanan baru tersebut, Meta ingin memperluas cakupan dukungan Reels untuk penerbitan konten, wawasan, moderasi komentar, pencarian hashtag, penemuan bisnis, fitur mention dan banyak lainnya.
“Kami selalu berusaha untuk meningkatkan pengalaman penerbitan konten dan konsumsi kami, baik orang menggunakan Instagram asli, atau melalui pihak ketiga. Setelah secara konsisten mendengar dari komunitas pengembang kami bahwa Reels adalah prioritas utama, kami bersemangat untuk memperkenalkan Reels ke sejumlah titik akhir yang mungkin sudah Anda kenal,” kata perusahaan dikutip dari TechCrunch.
Nantinya, pengembang dapat menggunakan API untuk menjadwalkan Reels dan mendapatkan metrik interaksi sosial untuk Reels. Selain itu, pengembang juga berkesempatan untuk menerbitkan Reels di akun Instagram Business menggunakan API baru. 
API juga akan membiarkan pengembang untuk melakukan sejumlah aktivitas melalui balasan komentar, menghapus komentar, menyembunyikan komentar, dan menonaktifkan atau mengaktifkan komentar pada Reels. 
Melalui layanan Reels API dari Meta ini, pengembang akan dapat menemukan Reels publik yang telah ditandai dengan hashtag tertentu. Identifikasi Reels dapat dilakukan saat Instagram Business atau Creator telah ditandai atau username disebutkan.
Saat ini, peningkatan API tersedia untuk versi terbaru maupun semua versi sebelumnya dari API Grafik Instagram. Hal ini memberikan peluang bagi pengembang untuk menghubungkan aplikasi mereka ke fitur dan fungsi Instagram. 
Ke depannya, Reels akan tersedia secara otomatis bagi pengembang yang telah memiliki akses ke API yang berlaku. Pengembang tidak perlu menempatkan aplikasi mereka melalui App Review tambahan, selama aplikasi mereka telah disetujui untuk tingkat akses izin yang sesuai.
Perusahaan telah melihat beberapa pergeseran dalam jenis media yang digunakan masyarakat, khususnya dalam jenis video durasi pendek. Meta menilai fitur video berdurasi pendek mengalami peningkatan yang cukup pesat sehingga membawa perubahan besar dalam kemajuan artificial intelligence (AI) guna mendorong lebih banyak unggahan konten. 
Editor: Ranto Rajagukguk

Related