Lewat Sinergi Ride to The Future, Smoot Perkuat Ekosistem Motor Listrik

profile photo reporter Medikantyo Adhikresna
MedikantyoAdhikresna
23 Maret 2022
marketeers article
Smoot Motor Indonesia menjalin sinergi bertajuk Ride to The Future untuk mendorong penguatan ekosistem kendaraan listrik. Sinergi tersebut dibangun bersama Grab, Swap Energi, dan PLN mengingat peran strategis masing-masing pihak dalam pengembangan infrastruktur dan penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KLBB) Nasional Roda Dua.
Langkah nyata dalam sinergi ini adalah pemenuhan motor listrik dari Smoot Indonesia sebagai armada operasional Grab di Tanah Air. Varian yang digunakan sebagai armada Grab tersebut adalah model Tempur, yang sudah dilengkapi dengan sistem tukar baterai dari SWAP.
Motor listrik Smoot yang dipakai oleh setiap pengemudi akan dioperasikan dengan skema rental dari Grab. Sehingga, setiap mitra pengemudi tidak perlu menanggung biaya pemeliharaan motor, dan akan menggunakannya dengan basis sewa harian.
Berdasarkan data yang dimiliki Grab, mereka telah mengoperasikan 8.500 kendaraan listrik dengan dominasi pada jenis roda dua sejak tahun 2019. Hingga akhir tahun 2022, Grab berkomitmen untuk menghadirkan total 14 ribu kendaraan elektrifikasi, termasuk motor listrik Smoot, dalam lini armada di Indonesia.
“Dengan beralih ke ekosistem SWAP yang ramah lingkungan serta terintegrasi dengan aplikasi pintar, driver Grab dapat mencari SWAP Poin terdekat. Sehingga dapat melakukan pengiriman lebih jauh tanpa perlu khawatir kehabisan baterai serta dapat menghemat biaya transportasi sehari-hari,” kata Founder dan CEO PT Smoot Motor Indonesia dan SWAP Energi Indonesia Irwan Tjahaja, dalam keterangan resminya.
Durasi penukaran baterai di titik SWAP Poin terdekat hanya membutuhkan waktu sekitar sembilan detik, sebelum driver Grab dapat kembali beraktivitas. Dalam keterangan resminya, SWAP menyebut sudah menyediakan lebih dari 400 titik penukaran baterai melalui jaringan toko ritel Alfamidi, Alfamart, Circle-K serta stasiun pengisian bahan bakar Shell di kawasan Jabodetabek dan Bali.
Pengendara motor listrik Smoot juga dapat menggunakan aplikasi SWAP Energi untuk mengakses fitur menemukan lokasi penukaran baterai terdekat. Di samping itu, setiap pengguna kendaraan listrik roda dua dari Smoot dapat memakai aplikasi yang sama untuk memeriksa kondisi kendaraan, memesan baterai, maupun mematikan kendaraan dari jarak jauh.
SWAP Energi juga menjalin kemitraan dengan PLN untuk memperluas jaringan penukaran baterai motor listrik Smoot dan merek lainnya di banyak titik strategis. Kerja sama tersebut selaras dengan misi pemerintah untuk menjaga ketahanan energi. Salah satunya dengan mengalihkan penggunaan bahan bakar fosil menuju sumber daya yang terbarukan.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related