Consumer Goods

Lewat Sustainability Report, Danone Ungkap Strategi Keberlanjutan Bisnis

Strategi Keberlanjutan
Ilustrasi: 123RF

Danone Indonesia baru-baru ini meluncurkan Sustainability Report atau Laporan Berkelanjutan periode 2019-2020. Melalui Danone Waters dan Danone Specialized Nutrition Indonesia, Danone Indonesia meluncurkan laporan berkelanjutan tiap dua tahun sekali dalam mendukung target pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Lewat laporan ini pula, Danone mengungkap strategi keberlanjutan perusahaan.

Danone Indonesia mengklaim tujuan jangka panjang penting ini selaras dengan 17 tujuan besar di dalam SDGs yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia hingga tahun 2030.  Hal ini juga terintegrasikan di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional di tahun 2020-2024.

“Pemerintah Indonesia memiliki komitmen kuat untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs). Di sini, diperlukan collective actions dalam menyelaraskan serta mengimplementasikan kebutuhan dan strategi untuk mencapai tujuan bersama,” tutur Kepala Sekretariat Nasional TPB/SDGs Vivi Yulaswati.

Dalam laporan berkelanjutan periode 2019-2020, Danone Indonesia berhasil mencatatkan capaian positif. Hingga tahun 2020, Danone-AQUA telah menanamkan 2,4 juta pohon, mencapai target 1,15 water ratio, mengurangi 14,77% penggunaan energi total dibandingkan tahun 2019, menghemat energi hingga total 149.713 Giga Joule, dan berhasil melakukan pengurangan emisi gas rumah kaca sebanyak 157.597 Ton Co2 Eq.

Selaras dengan hal tersebut, Danone SN Indonesia turut meraih capaian positif lewat beragam inovasi yang dihadirkan hingga tahun 2020. Tercatat, Danone SN Indonesia menghadirkan beberapa gebrakan dalam mendukung program SGDs Pemerintah, seperti meresmikan Danone Nutricia Research Sarihusada R&I Center, program ‘Aksi Cegah Stunting’, program ‘Isi Piringku’, program Generasi Sehat Indoensia (Gesid), Duta 1000 Pelangi, Warung Anak Sehat, dan Bunda Mengajar.

“Hal ini menjadi refleksi dari misi Danone ‘One Planet One Health’. Ini merupakan visi besar Danone Indonesia sekaligus wujud kontribusi dan komitmen perusahaan untuk mendukung pemerintah Indonesia mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” ujar VP General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto.

Lebih lanjut, Danone Indonesia secara aktif turut mendukung pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19. Diketahui, Danone Indonesia telah menyalurkam bantuan senilai total Rp 56 miliar untuk penanggulangan pandemi.

Lewat laporannya ini, Danone Indonesia berharap dapat memberikan informasi secara transparan kepada para pemangku kepentingan tentang sejauh mana pencapaian inisiatif keberlanjutan yang dilakukan perusahaan serta dampaknya di seluruh rantai bisnis Danone Indonesia.

The Latest

To Top