Government & Public Services

Lewat Webinar, Kemenkominfo Atasi Kesenjangan Digital di Tanah Air

Ilustrasi: 123RF

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia sedang fokus mengurangi kesenjangan digital yang terjadi di Indonesia. Kali ini, Kemenkominfo bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, menggelar lebih dari 200 kegiatan webinar gratis setiap minggunya di 514 kota dan kabupaten di Indonesia. Rangkaian kegiatan ini berlangsung setiap hari hingga akhir tahun 2021.

“Data menyebutkan, pada tahun 2022 sebanyak 12,548 kecamatan di Indonesia akan terkoneksi dengan jaringan 4G. Dengan diluncurkannya Program Gerakan Nasional Literasi Digital, masyarakat dapat memetik manfaat konektivitas dengan baik, seperti peningkatan produktivitas dalam bisnis, pendidikan, dan akses informasi,” ujar Anita Wahid, Wakil Ketua Siberkreasi.

Program Nasional Literasi Digital memiliki empat pilar mendasar dalam kurikulumnya, yaitu: Etika Digital, Budaya Digital, Keterampilan Digital, dan Keamanan Digital. Dengan menguasai keempat pilar tersebut, seluruh masyarakat, baik di kota besar maupun pedesaan, akan memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk dapat menggunakan internet dan teknologi secara aman, beretika, dan optimal.

Nilai-nilai ini penting untuk ditanamkan ke masyarakat. Apalagi dengan maraknya berbagai kasus kejahatan siber, seperti pemalsuan identitas, hate speech, radikalisme, serta hoaks, perilaku berinternet yang aman dan sehat tentu menjadi standar minimal yang harus dimiliki oleh masyarakat Indonesia.

Sebab itu pula, Kementerian Kominfo bersama GNLD Siberkreasi akan menggelar lebih dari 200 acara webinar gratis setiap minggunya, dengan mengundang pakar-pakar digital dan tokoh terkemuka.

Misalnya pada akhir Agustus lalu, Kementerian Kominfo dan Siberkreasi menggelar acara “Indonesia Merdeka dari Hoax”. Acara tersebut mengundang nama-nama besar seperti Menteri Kominfo Johnny G. Plate, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, dan selebriti, Deddy Corbuzier.

Di hari sebelumnya, Siberkreasi juga mengundang tokoh inspiratif seperti Dian Sastrowardoyo untuk berbagi dalam acara “Nge-Zoom Bareng Dian” yang digelar pada 27 Agustus 2021.

“Kami menargetkan 12,4 juta orang di Indonesia akan melek digital pada akhir 2021, dan 50 juta penduduk melek digital di tahun 2024,” tutup Anita.

MARKETEERS X








To Top