Lifestyle

Lima Gunung Favorit Traveler dan Pendaki di Jawa Timur

Ilustrasi: 123RF

Indonesia memiliki kekayaan alam yang indah. Dari Sabang sampai Merauke, berderet nama-nama tempat yang bisa memanjakan mata. Dari gunung, pantai, hingga laut lepas. Salah satu cara mensyukuri keindahan ini adalah dengan menikmati alam-alam nan indah itu.

Gunung misalnya. Kita mendaki gunung tersebut, kagumi keindahannya, dan tetap menjaga kelestariannya. Tanpa merusaknya. Dan, salah satu dari wilayah di Indonesia yang memiliki banyak gunung di antaranya adalah Jawa Timur. Lantas, tahukah kamu gunung apa saja yang ada di Jawa Timur? Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Gunung Bromo

Kamu pasti tahu dengan gunung yang satu ini. Gunung Bromo merupakan gunung yang paling populer yang ada di Jawa Timur. Gunung ini masih berada dalam satu kawasan dengan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Gunung Bromo sebenarnya tidak terlalu tinggi. Untuk bisa sampai ke puncaknya, pendaki tak harus mengeluarkan tenaga yang ekstra. Pendaki hanya perlu menyusuri tangga yang ada di sana. Berkeliling di padang pasir sekitar gunung, menunggang kuda. Menikmati pemandangan sunrise-nya yang indah di pagi hari adalah aktivitas-aktivitas seru yang bisa Anda lakukan saat berada di Gunung Bromo.

  1. Gunung Semeru

Tak kalah dari Bromo, Gunung Semeru juga memiliki pemandangan yang indah. Tak jarang, siapa pun yang sudah pernah ke sana pasti ingin kembali. Sebab memang keindahan dan pengalaman saat mendaki Semeru itu tiada duanya.

Dan, yang paling favorit itu adalah Ranu Kumbolo. Sebuah danau yang berada di ketinggian 2.400 Mdpl. Dari Ranu Kumbolo pula, kamu bisa menyaksikan salah satu fenomena alam ciptaan Tuhan yang sangat indah di pagi hari, yaitu sunrise Ranu Kumbolo.

Gunung Semeru sendiri terletak di daerah Lumajang dan Malang, Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian 3.676 mdpl.

  1. Gunung Ijen

Ini juga merupakan gunung yang populer di kalangan para pendaki dan traveler, Gunung Ijen terletak di antara perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso.

Ada fenomena unik di Gunung Ijen ini, yaitu fenomena blue fire atau api biru. Para wisatawan, baik lokal atau mancanegara, banyak yang datang ke Ijen hanya untuk berburu fenomena blue fire ini. Di dunia konon hanya ada dua fenomena seperti ini, yaitu di Ijen dan di Islandia.

Selain blue fire, yang bisa dinikmati di Gunung Ijen lainnya adalah sunrise-nya yang menakjubkan. Kamu pun bisa bergegas sejak dini hari dan mendaki hingga ke kawah Ijen yang memiliki ketinggian 2.368 Mdpl.

  1. Gunung Kelud

Gunung Kelud juga cukup familier di telinga kita. Di gunung yang berada di perbatasan Kota Malang, Kediri, dan Blitar ini terdapat danau yang indah. Yaitu danau dengan kawah yang berwarna hijau toska. Tak hanya itu saja, berwisata ke Gunung Kelud juga bisa memanjakan tubuh kita dengan mandi di pemandian air panas.

Jangan khawatir, perjalanan ke Gunung Kelud termasuk mudah. Jalannya yang bagus membuat berwisata ke gunung yang memiliki ketinggian 1.731 Mdpl ini akan menjadi terasa menyenangkan.

  1. Gunung Raung

Gunung Raung termasuk ke dalam gunung yang masih aktif di Jawa Timur. Di kalangan pendaki, gunung ini dikenal karena jalur pendakiannya yang ekstrem, melalui Kalibaru. Menurut mereka, untuk bisa sampai ke puncaknya, kita harus mendaki sejauh 17 km, dengan medan berupa bebatuan terjal selama sekitar 6 hari. Ditambah dengan ketidakadaannya sumber air membuat pendakian terasa berat. Sehingga untuk bisa ke sana, setiap pendaki setidaknya harus membawa sekitar 10 liter air dari bawah.

Jelas sekali, Gunung Raung bukanlah medan yang cocok untuk pendaki pemula. Kesiapan fisik dan mental yang bagus haruslah dimiliki pendaki. Tapi memang, bagi para pendaki, gunung yang memiliki ketinggian 3.332 mdpl ini sangatlah menantang.

Itu dia lima gunung favorit yang ada di Jawa Timur. Untuk yang gemar mendaki, atau suka berwisata alam, kamu wajib menyambanginya. Tapi tentu, untuk bisa mendaki ke sana, terutama gunung yang memiliki medan berat seperti Gunung Raung, kamu harus punya kesiapan fisik dan mental. Supaya tujuan kamu ke sana bisa tercapai dengan lancar.

Tak cuma kesiapan fisik dan mental saja, persiapan transportasi perjalanan hingga ke sana juga harus diperhatikan. Misalnya saja pilihan perjalanan darat atau perjalanan udara. Dan untuk perjalanan udara, Lior Air mungkin bisa menjadi pilihan. Dan jangan lupa juga, disiplin protokol kesehatan selalu, ya. Mulai dari rumah, selama di perjalanan, hingga ketika di tempat tujuan. Berwisata nyaman, kitanya juga tetap aman dan tenteram.

Most Popular








To Top