Finance

Lima Manfaat Keuangan yang Bisa Didapat Saat #DiRumahAja

SUMBER: 123RF

Merebaknya virus corona (COVID-19) di Indonesia sejak awal Maret lalu membuat masyarakat harus mengubah kebiasaan mereka. Salah satunya adalah dengan melakukan segala kegiatan di rumah. Hal tersebut sejalan dengan imbauan pemerintah kepada masyarakat untuk membatasi kegiatan di ruang publik.

Meski belum banyak yang terbiasa, beraktivitas di rumah tidak berarti menurunkan produktivitas. Justru banyak hal positif yang bisa didapatkan ketika berada di rumah. Satu di antaranya adalah dampak positif bagi keuangan Anda. CEO Kredivo Indonesia Alie Tan merangkum lima manfaat seputar keuangan yang bisa didapat selama beraktivitas di rumah.

1. Tetap Hemat

Tidak hanya mendapatkan waktu luang, beraktivitas di rumah bisa menghemat pengeluaran. Jika biasanya ada pengeluaran seperti ongkos transportasi, biaya makan siang, atau sekadar ngopi, Anda bisa meminimalisirnya ketika berada di rumah. Sebagai gantinya, Anda bisa menyimpan uang tersebut atau memasukkanya ke dalam tabungan.

2. Evaluasi Pengeluaran

Beraktivitas di rumah juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengevaluasi pengeluaran selama tiga bulan terakhir. Anda bisa menganalisis apakah pengeluaran Anda berlebihan atau sudah seimbang dengan pemasukan. Evaluasi seperti ini sebaiknya dilakukan rutin setiap 2-3 bulan sekali.

3. Belajar Berinvestasi

Meski saat ini investasi sedang tidak kondusif, Anda dapat mempelajari investasi yang bisa diterapkan ketika keadaan sudah kembali normal. Investasi ini menjadi penting untuk menjadi jaminan ketidakpastian masa depan. Selain itu, berinvestasi juga bisa membuat Anda mempelajari pengelolaan keuangan secara disiplin dan cerdas.

4. Menjaga Cashflow

Anda harus tetap menargetkan pengeluaran sesuai dengan kebutuhan dan pemasukan. Sehingga, cash flow dapat terjaga dan dikontrol. Target ini juga bisa Anda buat dengan cara menyusun perencanaan pengeluaran apa saja yang dibutuhkan selama beraktivitas di rumah.

5. Menghindari Pemakaian Uang Kertas

Penggunaan uang kertas memiliki risiko tinggi penyebaran virus dan bakteri. Karena itu, peran teknologi sangat penting sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19 melalui penggunaan uang tunai. Beralih ke pembayaran digital menjadi opsi untuk mempermudah transaksi dari rumah.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

MARKETEERS X








To Top