Property

Lima Taktik Jitu Agar Milenial Bisa Beli Properti Impian

Photo Credits: 123rf

Memiliki properti impian bukan hal mustahil bagi generasi milenial. Meski banyak opini bernada pesimistis beredar perihal kemungkinan yang minim bagi milenial untuk memiliki properti impian, ternyata ada banyak celah yang bisa diakali.

CEO PT DMS Propertindo Tbk (KOTA) Moh. Prapanca menjelaskan, terdapat lima jurus jitu yang dapat digunakan milenial untuk bisa membeli properti impian meski harga terus melambung.

Kumpulkan DP dengan Autodebet

Membayar uang muka atau Down Payment (DP) merupakan salah satu tantangan terberat bagi sebagian milenial ketika ingin membeli properti. Mengumpulkan uang muka pun harus menjadi prioritas utama.

Taktik jitu yang dapat digunakan untuk mulai menabung DP adalah dengan melakukan autodebet penghasilan bulanan.

“Sisihkan uang secara otomatis pada tabungan khusus DP ketika Anda menerima gaji. Lakukan hal ini sesegera mungkin. Jangan menunda untuk menabung hingga akhir bulan karena hal tersebut hanya akan menyulitkan Anda,” ungkap Prapanca kepada Marketeers melalui keterangan tertulis, Rabu (10/02/2021).

Agar Disiplin, Tabung Dana di Rekening Deposito atau Emas

Menabung di rekening deposito atau emas bisa menjadi pilihan untuk generasi milenial yang merasa kurang disiplin saat menabung. Dengan cara ini, uang tabungan Anda akan lebih aman karena tidak bisa ditarik sewaktu-waktu.

Apalagi, saat ini ada banyak jenis produk perbankan (deposito dan emas) yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Mulai dari deposito berjangkan, hingga deposito online dengan jangka waktu fleksibel (tiga, enam, 12, hingga 24 bulan). Generasi milenial yang ingin mulai menabung dapat memilih sendiri jangka waktu sesuai dengan target waktu yang diinginkan.

Cari DP Rumah yang Bisa Dicicil

Tak dipungkiri, nilai DP rumah terhitung cukup tinggi. Namun, persaingan harga properti yang begitu ketat di pasar membuat banyak pengembang propertiberlomba memberikan berbagai promo menarik bagi calon customer, seperti DP yang dapat dicicil dalam jangka waktu tertentu.

Generasi milenial pun harus pandai-pandai dalam mecari promosi tersebut. Ikuti terus perkembangan informasi dari para pengembang properti, antara lain dengan memantau media sosial mereka.

Beli Properti Sesuai Kebutuhan

Berhati-hatilah dalam memilih properti. Pastikan properti yang dipilih tidak hanya memenuhi keinginan Anda, melainkan juga sesuai dengan kebutuhan.

“Bagi generasi milenial yang berstatus single, pilihlah properti rumah minimalis tipe 21 atau 36. Sementara, bagi yang berstatus keluarga kecil dapat membeli rumah tipe 45 atau 60 dengan jumlah kamar lebih banyak dan area yang lebih luas,” terang Prapanca.

Perlu diingat, rata-rata rumah berukuran besar di kawasan strategis hadir dengan harga yang cukup tinggi. Bagi milenial yang ingin mencari rumah ekonomis, masih ada banyak pilihan proyek rumah petak yang bisa dipilih sesuai budget.

Pilih Tenor dengan KPR Paling Panjang

Usai mempertimbangkan DP dan ukuran rumah, Anda kemudian harus mempertimbangkan tenor KPR yang diajukan. Jika memungkinkan, pilih rumah yang memiliki tenor KPR paling panjang. Dengan tenor KPR panjang, cicilan bulanan rumah akan jauh lebih rendah. Hal ini dapat membantu menjaga kseimbangan cash flow finansial bulanan agar tetap stabil.

“Anda harus benar-benar menghitung dengan cermat besarnya cicilan yang harus dibayar. Jangan sampai jumlah cicilan lebih besar atau setara dengan penghasilan bulanan Anda. Jumlah maksimal nominal cicilan KPR setidaknya 30% dari gaji bulanan,” jelas Prapanca.

MARKETEERS X








To Top