Lifestyle

Lima Tips Menata Dapur Minimalis

Ilustrasi 123RF

Desain rumah minimalis sedang diminati oleh banyak masyarakat mengingat keterbatasan lahan untuk hunian yang terus meningkat. Alhasil, banyak muncul ide desain rumah dan ruangan yang minimalis, mulai dari taman, ruang keluarga, hingga dapur minimalis. Jika kamu memiliki rumah dengan dapur minimalis, penataan dapur pun haruslah tepat, jangan sampai karena penataan yang salah membuat dapur terlihat sumpek dan juga berantakan.

Penataan yang tepat tidak hanya membuat ruangan terlihat rapi namun juga bisa membuat umur peralatan dapur kamu lebih awet. Simak tips menata dapur minimalis berikut yang dikutip dari laman Rupa-Rupa, berikut ini:

Rak piring minimalis

Tips pertama adalah kamu bisa meletakkan rak tepat di atas bak cuci. Fungsinya adalah untuk meniriskan peralatan yang telah dicuci. Selain menghemat ruangan hal ini juga sangat fungsional mengingat air yang menetes dari piring basah maupun peralatan lainnya bisa langsung menetes ke bak cuci. Sehingga, dapur akan nampak rapi dan juga bersih.

Rak penyimpanan minimalis

Opsi lainnya, kamu bisa membeli rak untuk peletakan dan penyimpanan menjadi satu. Kamu bisa memilih lemari yang bisa digunakan untuk meletakkan rice cooker, oven, dan dipadukan dengan rak penyimpanan atas dan bawah. Rak tersebut bisa kamu manfaatkan untuk penyimpanan perangkat makan dan juga masak.  Lemari ini sangat fungsional karena bisa menggabungkan dua fungsi sekaligus menjadi satu.

Manfaatkan areal bawah wastafel

Jika kamu memiliki wastafel, kamu bisa menggabungkannya dengan dapur. Agar lebih fungsional, kamu bisa memanfaatkan ruang wastafel untuk penyimpanan barang-barang dapur yang intensitas penggunaannya tidak terlalu sering seperti kimia pembersih dapur, sabun cuci, sikat, sponge, dan lainnya. Kamu juga bisa menyembunyikan tempat sampah di bawah bak cuci tersebut supaya tidak mengurangi keindahan dapur Anda.

Manfaatkan pintu dapur

Bisa dikatakan untuk penataan dapur minimalis agar tidak berantakan dibutuhkan kreativitas di dalamnya. Salah satu wujud kreativitas yang bisa kamu aplikasikan untuk dapur minimalis adalah dengan memanfaatkan pintu dapur.  Untuk dapur yang lapang, cara ini tidak banyak dilakukan namun bagi dapur minimalis memanfaatkan pintu dapur menjadi cara untuk membuat dapur semakin fungsional.

Penyusunan yang benar

Tidak hanya menambahkan peralatan saja untuk membuat dapur minimalis rapi. Kamu juga penting bagi untuk menyusun dengan cara yang benar. Berikut ini adalah cara penyusunan peralatan di dapur minimalis yang bisa Anda lakukan:

  • Susun menumpuk

Kamu bisa menyimpan peralatan dapur dengan ukuran besar dengan cara menumpuknya urutannya adalah kamu bisa mengurutkan dari yang paling besar ke yang kecil. Metode penyusunan ini tentu saja untuk menghemat ruang dan membuatnya jauh lebih rapi dan bersih.

  • Pilah peralatan

Cara penyusunan selanjutnya adalah dengan memilah peralatan. Periksa seluruh peralatan yang dimiliki dan singkirkan barang yang tidak terpakai lagi. Simpan barang yang memang benar-benar kamu butuhkan dan gunakan saja sehingga ruangan dapur lebih luas.

Untuk mempercantik dan merapikan dapur minimalis kamu bisa mengakses Rupa-Rupa. Di sini kamu bisa menemukan berbagai macam peralatan rumah tangga, termasuk peralatan dapur yang dibutuhkan untuk menjaga kerapian dan membuat dapur terlihat lebih cantik.

Most Popular








To Top