Finance

LINE Bank by Hana Bank Mulai Beroperasi di Indonesia

Sumber: Hana Bank

Menyusul keberhasilan LINE BK di Thailand dan LINE Bank Taiwan, Hana Bank melirik potensi pasar perbankan digital di Indonesia. Bank asal Korea Selatan ini siap meluncurkan kolaborasi perbankan digital lewat kolaborasi dengan penyedia platform sosial LINE Indonesia.

Kerja sama ini awalnya terjadi antara Hana Bank dan LINE Corporation.  LINE Bank by Hana Bank mulai beroperasi di Indonesia pada Kamis, 10 Juni 2021. Bank ini masuk ke dalam lini bisnis LINE Financial Asia.  Indonesia menjadi pasar ketiga kolaborasi bisnis ini beroperasi. Sementara ini, LINE Bank by Hana Bank menawarkan layanan perbankan dasar, seperti tabungan, kartu debit, deposito, dan pembayaran digital.

Jong Jin Park, Direktur Utama PT Bank KEB Hana Indonesia mengatakan potensi perbankan di Indonesia sangat besar. Masyarakat mengalami banyak perubahan perilaku setelah pandemi, yaitu semakin bergantung pada layanan digital. Termasuk keuangan.

“Kehadiran LINE Bank di lanskap industri keuanan di Indonesia akan melengkapi layanan perbankan digital yang nyaman dan mudah. Kami menggabungkan layanan keuangan dan teknologi untuk menghadirkan produk keuangan dan layanan fintech yang terpersonalisasi,” paparnya.

Jika ditarik mundur, kerja sama Hana Bank dan LINE telah terjadi sejak Oktober 2018. LINE Financial Asia mengakuisisi 20% kepemilikan Hana Bank lewat Perjanjian Penyertaan Modal. Dari kerja sama inilah layanan keuangan LINE Corporation hadir pertama kali di Thailand dan Taiwan. Sebelum menyusul di Indonesia.

Desain kartu menarik

LINE Bank by Hana Bank secara jelas menyasar milenial dan Gen Z sebagai nasabahnya. Tidak hanya layanan yang serba digital, bank ini juga memaksimalkan kerja sama dengan menghadirkan kartu debit dengan desain karakter LINE.

“Strategi ini dilakukan karena mayoritas pengguna LINE di Indonesia adalah milenial dan Gen Z. Empat desain kartu dengan ragam karakter LINE membuat pengguna lebih familiar saat menggunakan layanan,” tambah Young Eun Kim, Chief Operating Officer LINE Financial Asia.

Aplikasi LINE Bank kini dapat diunduk di iOS App Store dan Google PLayStore. Nasabah dapat melakukan pendaftaran di aplikasi. Kartu debit akan dikirimkan setelah nasabah berhasil membuka rekening baru.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top