Technology

Loket Live Studio Fasilitasi Kreator Konten Tampil Profesional

Sumber: LOKET

Tren penggunaan platform digital untuk menggelar event seperti konser, seminar, dan ekshibisi menjadi solusi kreator event untuk tetap berkarya selama pandemi. Data internal LOKET menunjukkan ada lebih dari 7.200 event daring dari 2.000 kreator sejak bulan Maret – Agustus 2020.

Tingginya migrasi penyelenggara event dari luring ke daring membentuk peluang industri baru. Apalagi dengan berkembangnya teknologi webinar yang memungkinkan kreator event untuk menggelar event daringnya kapanpun dan di manapun. Meskipun begitu, para kreator event menghadapi masalah untuk menjaga sisi eksklusif sehingga sulit untuk mendapatkan profit maksimal dari event yang digelarnya.

“Kebanyakan platform event daring bisa di-copy paste dan dibagikan ulang, jadi ada kemungkinan orang yang tidak membeli bisa menikmati event selama mereka memiliki link,” kata Ario Adimas, VP Commercial LOKET.

Berupaya menghadirkan solusi dari permasalahan ini, LOKET meluncurkan LOKET Live Studio sebagai layanan eksklusif yang dapat digunakan oleh kreator saat menggelar event. Produk baru ini sekaligus untuk mendorong para kreator untuk tampil profesional saat membuat dan menggelar event-nya.

Dijelaskan oleh Tubagus Utama, Head of LOKET, LOKET Live Studjio mengintegrasikan sistem manajemen tiket dan platform streaming. Hal ini memungkinkan kreator konten untuk membuat live event secara mandiri. Dalam produk barunya ini, LOKET mengangkat tiga diferensiasi, yaitu mudah dan cepat, aman, dan interaktif.

“Kreator bisa menyelenggarakan event-nya hanya dengan mendaftarkan event di laman Loket.com. Setelah itu, mereka bisa mengatur jenis event, harga, dan ticketing dalam satu laman yang sama. Dari sana juga, kreator bisa mengatur penggunaan gawai tambahan seperti kamera atau mic tanpa harus mensinkronisasi dengan aplikasi atau platform event daring lain,” papar Tubagus.

Lebih lanjut, event yang dibuat di LOKET Live Studio secara otomatis akan memiliki satu link eksklusif bagi pembelinya. Jika link sudah digunakan, maka orang lain yang memiliki link yang sama tidak akan bisa menggunakan link tersebut. “Sehingga kreator dapat memonetisasi event dengan adil dan menguntungkan,” tambah Tubagus.

Untuk menjaga interaksi dengan penontonnya, LOKET Live Studio dilengkapi dengan fitur live chat yang bisa digunakan untuk mengobrol.

“LOKET menargetkan tidak hanya pada penyelenggara event, tapi juga siapapun yang ingin berkreasi menyelenggarakan event dan ingin memonetisasi event-nya. Harapannya. LOKET Live Studio juga bisa jadi solusi baru untuk mendapatkan pendapatan di tengah masa sulit ini,” tutup Tubagus.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top