Industry

Luncurkan Tokopedia Bersama, Tokopedia Fokus pada Lima Pilar

Sumber: 123RF

Kebutuhan masyarakat terus meningkat, terlebih sejak adanya wabah pandemi COVID-19. Platform digital Tokopedia melihat hal tersebut dan menyadari bahwa peran corporate social responsibility (CSR) dan social impact perusahaan semakin besar. Oleh sebab itu, Tokopedia meluncurkan program Tokopedia Bersama/Tokopedia Beraksi untuk Sesama.

Melalui program tersebut, Tokopedia berkomitmen untuk dapat menjembatani dan meningkatkan kepedulian sosial guna memaksimalkan kapasitas potensi dari kelompok masyarakat yang membutuhkan. Hal tersebut ditujukan demi menciptakan kesejahteraan masyarakat dan memulihkan perekonomian nasional.

Selain itu, Tokopedia Bersama juga berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia mengenai isu-isu sosial dan lingkungan. Tokopedia berupaya untuk mendorong masyarakat agar mereka mau berpartisipasi dalam aksi-aksi sosial.

Aditia Grasio Nelwan, Public Affairs Senior Lead Tokopedia menjelaskan bahwa Tokopedia Bersama fokus pada lima pilar utama. Pertama, pilar pendidikan dan ekonomi. “Pada pilar ini, kami  mengedukasi masyarakat dalam kaitan dengan teknologi yang membantu meningkatkan kehidupan,” kata Adit.

Kedua, pilar pemberdayaan perempuan. Tujuannya adalah untuk mengembangkan kapasitas kelompok perempuan dalam kegiatan ekonomi produktif. Ketiga, pemberdayaan kelompok difabel yang bertujuan untuk membantu teman difabel penyadang disabilitas agar lebih mandiri secara sosial dan ekonomi.

“Dalam pilar pemberdayaan, kegiatan yang kami lakukan bermacam-macam. Kegiatan-kegiatan tersebut yakni keterampilan ke dunia kerja, pelatihan untuk pengembangan usaha hingga memfasilitasi aksi kesetaraan gender untuk pemberdayaan perempuan,” jelas Adit.

Keempat, penyintas bencana alam. Bertujuan untuk membangun ketahanan dan memulihkan kondisi penyintas bencana alam agar dapat beraktivitas dengan normal kembali. Terakhir, pilar lingkungan yang tujuannya untuk melestarikan alam.

“Tokopedia pilar keempat mendampingi mereka melalui aksi yang merespon bencana. Sedangkan pilar kelima bertujuan untuk menanamkan nilai dan mendorong aksi pelestarian lingkungan atau meningkatkan kepedulian dan menginspirasi masyarakat untuk berpartisipasi,” tambah Adit.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Tokopedia Bersama memiliki memiliki program. Pertama, program dari pegawai Tokopedia atau yang kerap disapa Nakama, yaitu Nakamate (Naka to be Mate) dan Nakamentor. Kedua program tersebut merupakan program relawan Tokopedia untuk berbagi ilmu dan pengalaman kepada masyarakat yang membutuhkan. “Melalui dua program tersebut  tim CSR dan social impact kami memfasilitasi Nakama untuk berbagi pengetahuan dan motivasi untuk membantu meningkatkan kualitas hidup penerima manfaat,” kata Adit.

Kedua, program Tokopedia Outreach. Program ini merupakan sarana bagi tim CSR dan social impact untuk mengenalkan produk, fitur, hingga fasilitas Tokopedia melalui berbagai kegiatan, seperti diskusi, seminar, talkshow, atau pelatihan dan kegiatan lain yang dikerjakan bersama mitra organisasi sosial.

Ketiga, program Top Donasi. Tujuannya,   adalah memfasilitasi pengguna untuk berpartisipasi dalam aksi sosial. Pengguna dapat berpartisipasi dengan berdonasi ketika melakukan transaksi di e-commerce Tokopedia.

“Dalam program top donasi, kami telah bermitra dan berpartisipasi dengan berbagai organisasi kemasyarakatan terkait kegiatan pengumpulan uang dan barang. Mitra organisasi kami telah berlisensi resmi untuk menyalurkan donasi tersebut,” papar Adit.

Selain itu, Tokopedia Bersama juga memiliki program Empowerment. Melalui program ini, Tokopedia berupaya untuk memayungi seluruh kegiatan pemberdayaan ekonomi yang berlanjutan untuk membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui berbagai pelatihan hingga pemberian modal.

Terakhir, program Tanggap Bencana dan Peduli Lingkungan. Kedua program tersebut mengambil langkah pasti. Bentuknya pun bermacam-macam.

“Untuk merespon perubahan alam dan kepedulian terhadap lingkungan, kami mengambil langkah pasti melalui aksi-aksi sosial di bidang kebencanaan dan advokasi lingkungan. Di antaranya seperti program pelestarian lingkungan serta bantuan yang merespons dan memulihkan kondisi penyintas bencana,” tutup Adit.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

The Latest

To Top