Finance

MAGI Rilis Layanan Klaim Digital

Sumber: 123rf.com

Di era serba digital seperti sekarang ini, konsumen menuntut layanan yang cepat, mudah, sekaligus aman. Tuntutan konsumen ini juga berlaku dalam layanan asuransi. Sebab itu, PT Mandiri AXA General Insurance (MAGI) belum lama ini mengembangkan layanan klaim berbasis digital.

Inovasi yang dilakukan pada kuartal kedua tahun 2021 ini ditujukan untuk mempermudah akses nasabah dalam mengajukan klaim asuransi kerugian dan kesehatan. Wujudnya berupa layanan klaim digital untuk produk asuransi kesehatan, asuransi perjalanan, dan asuransi kendaraan, melalui platform digital, dan aplikasi mobile.

“Kami berkomitmen pada kepuasan pelanggan. Di era kenormalan baru ini, semua bergerak menuju digitalisasi. Karena itu, MAGI berinovasi memberikan layanan yang dapat mempermudah nasabah saat mengajukan klaim melalui kanal digital,” jelas Enny, Presiden Direktur PT Mandiri AXA General Insurance, seperti dikutip dari keterangan resmi MAGI.

Proses pengajuan klaim terbilang mudah dan cepat. Terkait asuransi kesehatan, pengajuan klaim senilai maksimal satu juta rupiah bisa dilakukan melalui aplikasi WhatsApp ke nomor hotline asuransi kesehatan MAGI. Melalui nomor tersebut, proses pengajuan klaim dapat dilakukan dengan mengirimkan versi digital dokumen klaim seperti kuitansi tagihan rumah sakit, rekam medis, data polis serta dokumen lainnya yang dibutuhkan.

Untuk asuransi perjalanan, nasabah dipermudah mengajukan klaim senilai maksimal sembilan juta rupiah melalui WhatsApp Business Account MAGI. Nasabah akan dengan mudah mengunggah dokumen kelengkapan klaim melalui ponsel maupun komputer. Namun, MAGI menyarankan agar nasabah dapat menyimpan dokumen kelengkapan klaim yang asli. Hal yang kurang lebih sama berlaku untuk klaim asuransi kendaraan.

Selain itu, MAGI menghadirkan inovasi untuk survei klaim secara digital melalui panggilan video sehingga nasabah dapat tetap aman dan nyaman di rumah. Layanan ini terintegrasi dengan sistem klaim yang digunakan oleh MAGI dan bengkel rekanannya. Melalui aplikasi ini nasabah maupun pihak bengkel rekanan akan dipandu oleh tim klaim MAGI untuk menunjukkan kerusakan pada kendaraan yang akan diklaim.

“Layanan ini kami lakukan untuk melakukan simplifikasi proses bisnis, khususnya di area klaim, sebagai salah satu fondasi transformasi digital MAGI di masa yang akan datang,” ujar Enny.

Julien Steimer, Presiden Komisaris MAGI dan Country CEO AXA di Indonesia menambahkan, transformasi digital yang dilakukan MAGI sejalan dengan program digitalisasi AXA Group dengan semangat payer to partner. “AXA berkomitmen untuk berjalan bersama sebagai mitra bagi setiap nasabahnya di setiap kondisi,” kata Steimer.

 

MARKETEERS X








To Top