Makin Serius Garap Pasar EV, Xiaomi Akan Rilis Mobil Listrik SUV

marketeers article
Ilustrasi mobil listrik Xiaomi. (FOTO: 123RF)

Xiaomi dikabarkan akan menambah lini mobil listrik dengan model baru. Presiden Xiaomi, Lu Weibing, mengonfirmasi proyek-proyek yang sedang berjalan untuk model mobil tambahan.

Komitmen Xiaomi terhadap kerahasiaan mengenai model baru membuat detailnya masih dirahasiakan untuk saat ini. Dilansir dari Gizmochina pada Senin (27/5/2024), model baru mobil listrik Xiaomi berikutnya akan berupa SUV.

Pengumuman resmi diperkirakan akan hadir akhir tahun ini, dengan target peluncuran pasar pada tahun 2025. Laporan terbaru dari Bloomberg mengatakan bahwa SUV itu nantinya akan berbentuk kompak.

BACA JUGA: Xiaomi SU7 Diuntungkan oleh Kegagalan Apple dalam Kembangkan EV

Laporan tersebut menyebutkan bahwa Xiaomi telah membandingkan model yang akan datang ini dengan Tesla Model Y. Tapi, spesifikasi umum, konfigurasi baterai, dan teknologi onboard yang akan ditampilkan dalam model ini belum dibeberkan.

Diharapkan, SUV kompak baru Xiaomi akan mengembangkan aspek inovatif dari mobil listrik pertamanya yakni SU7, termasuk arsitektur infotainment yang menarik.

Karena, salah satu daya tarik Xiaomi SU7 adalah kompatibilitasnya dengan layanan Apple seperti Apple CarPlay. Selain itu, SU7 mendukung integrasi iPad di dalam mobil, memungkinkan pengendalian sejumlah fitur kendaraan dari kursi belakang.

“Kami berkomitmen untuk membuat Xiaomi SU7 menjadi mobil listrik yang paling ramah produk Apple. Ini pilihan sempurna bagi pengguna iPhone dan iPad,” kata CEO Xiaomi, Lei Jun.

BACA JUGA: TKDN Tembus 44%, NETA V-II Dipasarkan dengan Harga Rp 299 Juta

Selain itu, perusahaan masih berusaha menambah terus penjualan SU7. Kabar terakhir, pengiriman unit SU7 tembus 120.000 unit.

Jun sebelumnya mencatat bahwa pusat pengiriman SU7 mencakup 29 kota di seluruh negeri. Laporan juga mengindikasikan bahwa pusat-pusat pengiriman akan mencakup 40 kota pada akhir 2024.

Saat ini, Xiaomi Auto memiliki total 59 toko di 29 kota yang mencakup Beijing, Shanghai, Guangzhou, Tianjin, Changsha, Taiyuan, Shenzhen, Wuhan, Hangzhou, Chengdu, dan lainnya.

Mobil itu sendiri saat ini tersedia dalam tiga varian berbeda yakni SU7, SU7 Pro, dan SU7 Max. Harga ketiga varian mobil tersebut adalah US$ 29.797, US$ 33.938, dan US$ 41.391.

BACA JUGA: Xiaomi Tergetkan Mobil SU7 Terjual Lebih dari 100.000 Unit pada 2024

Xiaomi sebelumnya juga mengatakan akan menginvestasikan US$ 10 miliar dalam bisnis mobilnya selama 10 tahun ke depan. Investasi itu pun telah digunakan untuk mengawali aksi lewat pengembangan teknologi inti fundamental demi mewujudkan komitmen perusahaan untuk membangun kendaraan yang luar biasa.

Xiaomi bertujuan untuk menjadi salah satu dari lima produsen mobil global teratas. Kini, investasi itu telah melahirkan SU7 yang dikemas sebagai full-size high-performance eco-technology sedan.

Performanya diyakini membuat para rival merasa insecure karena mobil ini telah menerapkan E-motor-HyperEngine dan CTB Integrated Battery Technology.

Mobil dua pintu ini pun memiliki izin untuk masuk dalam ‘sub-2-second supercar‘ club. Karena, sedan ini bisa melesat dari 0 hingga 100 kilometer/jam hanya dalam 2,7 detik.

Editor: Eric Iskandarsjah

Related