Manfaatkan Fitur-Fitur Ini untuk Jualan Makin Cuan di Tokopedia

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
23 Mei 2022
marketeers article
Sebagai salah satu e-commerce di Indonesia, Tokopedia telah menjadi platform yang turut membantu pelaku UKM untuk tumbuh. Dan, guna memberikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi UKM, Tokopedia pun terus berinovasi melalui fitur-fitur untuk jualan yang makin cuan.
Head of Engineering Tokopedia Rico Harisin mengungkapkan lima inovasi digital di aplikasi Tokopedia Seller yang bisa dimanfaatkan para pegiat usaha. Memaksimalkan penggunaan fitur ini diharapkan mampu membantu mereka mengembangkan bisnis di tahun 2022.
Pertama, fitur Balas. Hanya dengan menekan tombol Balas di notifikasi, penjual bisa membalas pesan dengan cepat. Ini menjadi sesuatu yang penting. Karena, keceptan membalas pesan bisa menjadi parameter dalam mengukur performa toko.
“Semakin tinggi skor toko, maka penjual bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan seperti bonus eksklusif, akses mencoba fitur baru, hingga kesempatan spesial mengikuti berbgai kampanye supaya penjualan semakin laris,” tutur Rico.
Kedua, fitur Tersimpan Otomatis. Fitur ini sangat membantu karena pengguna tidak perlu menuliskan deskripsi atau berbagai informasi ulang. Saat penjual menambahkan produk dan informasinya aplikasi Tokopedia akan secara otomatis menyimpan.
Ketiga, Cetak Label Pengiriman. Penjual di Tokopedia bisa memanfaatkan fitur Print Shipping Label untuk mencetak alamat pengiriman secara langsung melalui aplikasi. Jadi, mereka tidak perlu repot membuka komputer.
Keempat, fitur Wawasan Pasar. Penjual bisa mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis mereka. Melalui fitur ini, penjual dapat melihat kata kunci yng paling sering digunakan pembeli, produk terlaris, rekomendasi kategori hingga tren produk.
“Dengan berbagai informasi yang didapatkan, penjual bisa menghadirkan inovasi yang relevan dan strategi promosi yang lebih efektif serta efisien,” ungkap Rico.
KelimaVoucher Toko yaitu sebuah fitur gratis dari Tokopedia yang apat membantu penjual membuat promonya sendiri. Dengan fitur ini, penjual bisa mnentukan periode, anggaran, dan jenis promo yang diinginkan untuk menggaet lebih banyak pembeli.
Tokopedia sejak awal kehadirannya selalu fokus untuk dapat membantu pelaku UKM berkembang. Karena, salah satu decacorn Indonesia punya visi mendorong perekonomian Tanah Air melalui UKM ini. Tentunya, target tersebut diimbangi dengan berbagai inovasi digital dari mereka.

Related