Digital

Manisnya Bisnis 3D Printing dari Startup Lokal Menimize

Foto: Manajemen Menimize

Teknologi 3D printing atau pemodelan 3 dimensi terus bertumbuh. Tak hanya pemain global, pemain lokal di Indonesia juga banyak yang menggarap pasar ini. Salah satunya, perusahaan rintisan Menimize yang belum lama ini memperkenalkan studionya untuk memberikan pengalaman baru dalam industri pemodelan tiga dimensi (3D). 

Pada saat bersamaan, Menimize juga memperkenalkan The Menimizer. Inovasi ini hadir sebagai Portable 3D Camera pertama di Asia untuk menjawab segala kebutuhan pemodelan 3D secara praktis, cepat, dan akurat. 

Berlokasi di Lantai 2, Plaza Indonesia, Menimize membangun atmosfer baru bagi konsumen untuk mengeksplorasi inovasi dan teknologi 3 dimensi.

“Kami memulai inovasi ini dari sebuah passion dan hobi terhadap action figure, model kit dan beragam jenis mainan. Kami melihat bahwa konsumen atau penikmat barang hobi ini menginginkan sesuatu hal yang berbeda,” kata Irene Nadya, Chief Marketing Officer Menimize.

Irene juga melihat meningkatnya minat kostumisasi dari sebuah mainan sesuai keinginan dan gaya para pehobi tersebut. Didukung dengan perkembangan teknologi khususnya pemodelan 3 Dimensi yang kian pesat, Menimize melihat bahwa ini menjadi peluang untuk berinovasi dengan menciptakan sebuah kostumisasi figure guna menjawab kebutuhan tersebut.

“Untuk itu, kami mengembangkan The Menimizer dengan desain yang compact sehingga dapat diinstalasi pada ruangan berukuran 3×3 meter. Hal ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan mulai dari dokumentasi, pembuatan 3D digital asset hingga, figure”, tambah Irene.

The Menimizer tersusun dari 17 tiang dengan total 119 kamera yang tersemat di seluruh tiang. The Menimizer mampu mengambil objek secara menyeluruh dengan kualitas High Definition (HD) hanya dalam waktu 3 detik.

Menimize juga menghadirkan dua produk unggulan lain, yakni file digital, figure, dan menyediakan layanan penyewaan The Menimizer. Hasil The Menimizer tidak terbatas pada figure, melainkan dapat berupa 3D asset digital yang bisa diolah menjadi model 3D dan animasi serta turunannya.

Sementara, untuk figure, Menimize menyediakan 3 varian yang dapat dipilih, yaitu Bust (setengah badan / sampai dada), Whole Body (seluruh tubuh), serta Toon (karikatur) dengan pilihan ukuran atau skala yang sesuai kebutuhan konsumen. 

Lebih dari itu Menimize, juga dapat mengonversi file dua dimensi menjadi tiga dimensi. Sehingga memungkinkan file foto 2D dicetak dalam bentuk figure 3D.

“Kami berharap dengan kehadiran rangkaian produk, inovasi, dan teknologi ini dapat menjawab berbagai kebutuhan mulai dari 3D asset, kostumisasi figure, dan lainnya. Lebih dari itu, kami juga berharap dapat menjadi bagian dari kehidupan konsumen untuk mengabadikan beragam momen berharga,” terang Johanes Salikin, Chief Executive Officer (CEO) Menimize. 

Untuk dapat membuat 3D Model Figure, pelanggan bisa langsung mengunjungi Studio Menimize di Plaza Indonesia Level 2. Saat ini Menimize sedang berkolaborasi dengan salah satu fanbase besar BTS di Indonesia dan memajang figure BTS di sebuah pameran yang diadakan di Plaza Indonesia.

Figure member BTS tersebut juga akan dijual dan 15% dari hasil penjualan figure member BTS akan didonasikan kepada UNICEF untuk anak-anak yang kekurangan gizi.

MARKETEERS X








To Top