Automotive

Manjakan Pasar SUV, Toyota Rilis All New Land Cruiser dan Fortuner Baru

Suasana peluncuran Toyota All New Land Cruiser dan New Fortuner baru
Suasana peluncuran Toyota All New Land Cruiser dan New Fortuner (FOTO: Marketeers)

PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan dua model baru dari lini kendaraan sport utility vehicle (SUV) buatannya, yakni All New Land Cruiser dan New Fortuner. Generasi terbaru dari dua model kendaraan itu tersebut, diyakini mempertegas posisi Toyota dalam menggaet konsumen di segmen SUV yang terus bertumbuh positif dalam dekade terakhir.

Model kendaraan jenis SUV sendiri memberi kontribusi menonjol terhadap total penjualan Toyota pada 2021 yakni sekitar 35%. Angka tersebut melonjak dibandingkan catatan kontribusinya yang hanya menyentuh kisaran 12%. Diharapkan terus tumbuh dengan hadirnya model kendaraan Toyota Land Cruiser dan Fortuner baru pada awal tahun 2022 ini.

“Kami bersyukur jajaran SUV yang kami hadirkan senantiasa mendapatkan respons baik di masyarakat Indonesia. Bahkan, sampai saat ini lini kendaraan SUV Toyota menyumbang lebih dari 40% mobil terjual dalam segmen tersebut di Indonesia,” kata Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto saat peluncuran, Kamis (13/1/2021) di Jakarta.

Pembaruan pada All New Land Cruiser menegaskan identitasnya sebagai SUV Premium yang juga sedang memasuki momentum perayaan 70 tahun sejak peluncuran generasi pertamanya. Sebagai bentuk peringatan momentum tersebut, Toyota memasang emblem khusus Exclusive 70th Anniversary pada sisi samping belakang bodi juga door scuff plate yang dipadukan lampu iluminasi mewah.

Bodi model All New Land Cruiser sendiri memanfaatkan platform TNGA-F, dengan racikan suspensi double wishbone di depan serta 4-link coil suspension pada bagian belakang. Rangkaian mesin V6D-turbo berkapasitas 3.346 cc menjadi bekal dapur pacu Toyota All New Land Cruiser, yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 305 ps dan torsi mencapai 700 Nm. Seluruh tenaga tersebut disalurkan melalui sistem transmisi Direct Shift-10AT dengan sepuluh percepatan.

Pendekatan berbeda dilakukan Toyota dalam merancang model Fortuner baru, dengan memberi konsumen dua jenis pilihan mesin berbeda. Selain tipe 2GD-FTV 2.393 cc 4 silinder bertenaga 149,6 ps dan torsi 400 Nm yang dipakai juga di generasi sebelumnya. Kini, Toyota menyediakan opsi mesin 1GD-FTV 2.755 cc dengan keluaran tenaga maksimal 203,9 ps serta torsi hingga hampir 500 Nm.

“Sejak awal, Fortuner kami kembangkan sebagai 7-seater SUV yang tangguh dan dapat diandalkan. Kami terus meningkatkan performa Fortuner dengan menghadirkan mesin-mesin yang bertenaga. Kehadiran mesin baru ini diharapkan dapat memberikan pilihan lebih lengkap dan memenuhi ekspektasi pelanggan yang memprioritaskan aspek performa dari Fortuner baru,” ujar Marketing Director PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy.

Mesin tipe 1GD diesel tersebut dihadirkan pada varian SUV Toyota New Fortuner GR Sport dengan sistem penggerak semua roda (4×4). Hadirnya tipe flagship serta mesin baru tersebut, membuat Fortuner baru mempunyai delapan tipe termasuk 2.8 4×4 GR Sport A/T, 2.8 4×2 GR Sport A/T, 2.8 4×2 VRZ A/T, 2.4 4×2 GR Sport A/T, 2.4 4×2 VRZ A/T, dan 2.4 4×2 G AT.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

The Latest

To Top