Mark Zuckerberg: NFT Segera Hadir di Instagram

profile photo reporter Afra Hanin
AfraHanin
16 Maret 2022
marketeers article
instagram nft
Mark Zuckerberg mengatakan bahwa Meta akan menambahkan NFT ke Instagram. Melansir dari Forbes, sang pemilik Meta ini tidak menjelaskan secara rinci mengenai rencana penambahan NFT tersebut namun pihaknya memiliki rencana untuk membawa NFT ke dalam ranah Instagram dan akan terwujud dalam beberapa bulan ke depan.
Sebenarnya, rencana mengkolaborasikan Instagram dan Meta telah berhembus sejak tahun lalu. Adam Mosseri, pimpinan dari Instagram menyatakan timnya tengah secara aktif mengeksplorasi NFT.  Lalu pada Januari, kembali lagi terdengar laporan bahwa tim di Facebook dan Instagram sedang mengerjakan integrasi NFT.  Sederet laporan tersebut menyebutkan bahwa ada kemajuan dalam pengerjaan fitur tersebut, dan akan memungkinkan menggunakan NFT sebagai profil atau membuat NFT di Instagram.
Dua fitur pertama itu cocok dengan apa yang disebutkan Zuckerberg di suatu acara, tetapi masih belum jelas apa artinya mencetak NFT di Instagram.  Meski Meta belum menyatakan dengan jelas, ide untuk memasarkan hal ini bisa saja lebih jauh dan tidak tertebak.  Hal ini juga didukung oleh bisnis besar-besaran yang tengah marak di situs seperti OpenSea, dan kemungkinan membuatnya menjadi usaha bisnis yang menggiurkan.
Mark Zuckerberg juga dilaporkan memiliki pandangan untuk mencetak pakaian avatar pengguna sebagai NFT, dan katanya dapat dibawa ke tempat-tempat yang berbeda. Mark yang telah berbicara mengenai NFT dan metaverse sebelumnya menyatakan bahwa dirinya bisa melihat teknologi tersebut sebagai bagian dari tata kelola digital. Sama seperti hal yang telah dibawa oleh Meta sebelumnya kepada publik.
Menambahkan, Mark juga menyatakan bahwa masih ada banyak hal teknis yang perlu diselesaikan sebelum membawa NFT ke Instagram benar-benar terjadi.  Langkah yang tidak mudah bagi Meta, karena harus memastikan objek terintegrasi dengan baik pada platform yang berbeda. Instagram sendiri bukan jejaring sosial besar pertama yang terintegrasi dengan NFT.
Awal tahun ini, Twitter memperkenalkan fitur yang memungkinkan beberapa pengguna mengatur NFT yang mereka miliki sebagai gambar profil mereka. Fitur tersebut muncul sebagai simbol segi enam, dan siapa pun yang tertarik dapat mengklik untuk melihat metadata NFT. Mengingat seberapa sering fitur TikTok berakhir dengan salinan hampir di Instagram, tidak mengherankan jika aplikasi berbagi foto akan melakukan hal serupa.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related