Marketeers Hangout 2022: Dukung Pengembangan UKM Indonesia

profile photo reporter Bernadinus Pramudita
BernadinusPramudita
10 Agustus 2022
marketeers article
Marketeers menggelar Marketeers Hangout 2022: Ajang Kumpul UKM se-Indonesia bertajuk Belajar, Berkarya, dan Bertumbuh. Penyelenggaraan ini bertujuan untuk mendorong potensi usaha mikro, kecil dan menengah (UKM) agar makin berkembang.
Saat ini, jumlah UKM di Indonesia mencapai lebih dari 60 juta dan berkontribusi hingga 60 persen bagi perekonomian nasional. Namun, di sisi lain UKM memiliki sejumlah masalah yang hingga kini masih menjadi momok utama.
Sebagian besar UKM mengalami permasalahan, yaitu permodalan, akses pasar, pemanfaatan teknologi hingga pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Untuk permodalan saja, UKM sulit mendapatkan akses lantaran sistem pembukuan yang sangat low level.
Alhasil, perbankan sulit melakukan audit terhadap bisnis UKM karena keterbatasan informasi yang asimetris sehingga tidak mampu melihat potensi bisnis mereka. Dalam akses pasar pun, UKM mengalami hambatan karena ketiadaan peluang untuk masuk dalam rantai pasok industri besar.
Selanjutnya, UKM sulit untuk memanfaatkan teknologi karena sistem kerja yang masih konvensional akibat minimnya edukasi dan literasi dalam mengakses sumber informasi. Di sisi lain, tantangan dalam mengembangkan SDM turut mempersulit UKM dalam menumbuhkembangkan bisnis yang berkelanjutan.
Oleh karena itu, Marketeers Hangout 2022 berusaha memutus mata rantai persoalan UKM sehingga menghasilkan solusi yang bisa mengangkat potensi bisnis mereka. Marketeers Hangout 2022 digelar secara virtual pada 10 Agustus 2022 pukul 09.00-17.00 WIB. Acara ini dibuka oleh Marthani selaku COO Marketeers dan ditutup oleh Hermawan Kartajaya selaku Founder and Chairman MarkPlus, Inc. sekaligus publisher Marketeers.
“Marketeers Hangout menjadi konektor antara pelaku UKM dengan pembina dan ekosistem pendukungnya untuk belajar, berkarya, dan bertumbuh, mulai dari jasa keuangan, logistik, sampai penyedia layanan digital,” kata Marthani, COO Marketeers.
Marthani menambahkan, ajang ini menjadi ruang bagi UKM untuk belajar seluk beluk dunia kewirausahaan dan mendapatkan mitra yang tepat bagi pengembangan usaha. Di sisi lain, perusahaan pembina bisa memperkuat reputasi sebagai penggiat UKM dan membantu UKM untuk lebih cepat bertumbuh.
Dari sisi perusahaan penyedia layanan, mereka berkesempatan memperkenalkan dan menawarkan solusi masalah UKM hingga memperkuat reputasi. Acara ini juga menghadirkan puluhan pakar dan berbagai kelas pendalaman terkait topik yang bervariasi. “Tak hanya itu, Marketeers Hangout 2022 menyediakan workshop yang disiapkan bagi UKM yang mendaftarkan secara khusus untuk mendalami salah satu aspek pengembangan usaha,” kata Marthani.
Marketeers Hangout 2022 dikemas secara ringan namun tepat sasaran dengan memuat tujuh sesi materi, antara lain Strategi Permodalan Cerdas UKM; Go Digital, Go International; Proses Bisnis Digital, Cuan Main Tebal; Tim Pintar, Bisnis Lancar; Kisah Sukses UKM Juara; dan UKM 5.0: Humanity in Technology oleh Hermawan Kartajaya.
Event ini merupakan inisiatif Marketeers untuk merespons kondisi bisnis UKM yang makin menantang sehingga bisa bertahan dan berkembang dalam kondisi yang penuh ketidakpastian,” tutur Marthani.

Related