Digital

Marketeers Umumkan 23 Brand Peraih Marketeers OMNI Brands of The Year 2021

Marketeers Omni Brands of The Year 2021

Adaptasi ke ranah online menjadi animo yang terus berusaha diterapkan oleh perusahaan agar dapat menyusul
ketertinggalan di era teknologi, baik disebabkan perubahan customer behaviour ke ranah online, ditambah efektivitas yang ditawarkan dalam menjalankan aktivitas bisnis.

Meski digitally native mampu membantu perusahaan dalam mengoptimalkan promosi, branding, kampanye pemasaran, penjualan, dan sebagainya, di sisi lain terdapat kepentingan bagi perusahaan untuk membangun intimacy dengan konsumennya yang hanya dapat dilaksanakan di ranah offline.

Tak heran, banyak perusahaan yang berhasil meningkatkan penjualannya karena mampu menyeimbangkan kebutuhan aktivitas pemasaran di ranah online dan offline. Atas kondisi itu pula, MarkPlus, Inc. kembali menggelar Marketeers Omni Brands of The Year 2021. Penghargaan bergengsi ini diberikan kepada perusahaan yang sukses menjalankan strategi omnichannel.

Dengan strategi omnimarketing, perusahaan bisalebih lincah menghadapi dinamika pasar yang fluktuatif dan sarat perubahan. Berbagai perusahaan mengembangkan omnichannel di antaranya dengan menghadirkan beragam platform digital seperti media sosial, aplikasi, transaksi pembayaran digital, QRIS, dan layanan virtual lainnya yang kemudian dibarengi dengan pengembangan program-program dan event di ranah offline.

Marketeers Omni Brands of The Year 2021 dilaksanakan pada Kamis, 9 September 2021 secara omni melalui kanal Zoom dan offline di Studio Marketeers TV dengan menjalani protokol kesehatan. Acara ini dibuka oleh Iwan Setiawan sebagai CEO MarkPlus, Inc.

“Ini adalah acara yang kami design untuk mengadvokasi brand di Indonesia untuk pendekatan yang lebih omni, menggabungkan elemen offline dan online, kami ingin menginspirasi perusahaan di Indonesia untuk
melakukan hal yang sama, terutama untuk hal pemasaran. Inti dari upaya ini adalah balance,” ujar Iwan.

Menurut Iwan, terdapat tiga jenis balance yang dibutuhkan oleh brand di Indonesia dalam hal keseimbangan, yakni balancing lives and livelihoods, balancing online & offline, dan yang terakhir adalah balancing value & premium.

“Saat ini ada dua segmen pasar yang dominan di kala pandemi, yaitu segmen The Frugal yang berhemat karena pendapatannya terganggu dampak pandemi sehingga fokus pengeluaran adalah basic needs. Sementara segmen The Affluent adalah segmen yang pendapatannya tidak terganggu akibat pandemi,” lanjut Iwan.

Kedua segmen ini menggambarkan sisi lain dari omni, yang tidak hanya offline dan online, namun juga menyeimbangkan segmen-segmen yang ada.

Di Marketeers Omni Brands of The Year 2021, penghargaan kepada 23 perusahaan lintas industri ini secara eksklusif diberikan oleh Hermawan Kartajaya selaku Founder dan Executive Chairman MarkPlus, Inc.

“Cukup banyak saya melihat brand sukses menjalankan omni ini. Misalnya MS Glow, sebuah brand yang baru saja mulai dan masih muda, luar biasa sampai memasang iklan di Times Square, New York, Amerika Serikat. Meski pakai kanal digital, tapi bisa dilihat secara offline. Begitu juga pemenang lainnya. Silakan teruskan perjuangan Anda dan berikan inspirasi untuk yang lain,” ujar Hermawan.

Lantas siapa saja penerima Marketeers Omni Brands of The Year 2021? Berikut daftarnya:

 

MARKETEERS X








To Top