Government & Public Services

MarkPlus Tourism Gaungkan Declaration of Responsible Tourism in Post COVID-19

Sumber: 123RF

Pandemi COVID-19 membuat sektor pariwisata di Indonesia terpuruk. Untuk bangkit kembali, sektor ini harus fokus pada pelestarian destinasi wisata, agar dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan. Tentu ini akan berdampak pada ekonomi nasional nantinya.

Berangkat dari persoalan tersebut, MarkPlus Tourism kembali menghadirkan acara virtual Planet Tourism Indonesia 2021. Bertajuk Beyond Recovery, Towards Sustainability, acara yang memasuki tahun keduanya ini mengangkat berbagai topik panel diskusi terkait dengan strategi, upaya, dan tantangan menuju pariwisata yang berkelanjutan (sustainable tourism). Selain topik panel diskusi, MarkPlus Tourism juga menggaungkan Declaration of Responsible Tourism in Post COVID-19.

Deklarasi ini bertujuan untuk menjadikan berbagai upaya percepatan penanganan COVID-19 sebagai momentum menuju kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Hal ini selaras dengan penerapan prinsip pariwisata yang berkelanjutan dan bertanggung jawab. Sebetulnya, upaya ini juga telah dilakukan oleh para pemangku kepentingan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dari berbagai penjuru dunia

Upaya ini juga menjadi bentuk kedisiplinan dalam menjalankan tahapan pemulihan, reformasi dan kebangkitan yang mendukung keberlanjutan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Harapannya, sektor ini kembali bisa berkontribusi signifikan untuk perekonomian Indonesia

Di sisi lain, langkah ini sebagai kerja bersama memperkuat daya saing sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia melalui kolaborasi dalam berkreativitas dan berinovasi, didukung entrepreneurship dan leadership dalam melakukan branding dan marketing destinasi wisata dan produk ekonomi kreatif setiap destinasi.

“Meski tahun ini kita dalam masa yang sulit, tetapi kita masih tetap memiliki peluang. Sebab itu, kita harus bangkit bersama-sama. Untuk bangkit, perlu ada gerakan bersama dari seluruh stakeholder,” kata Taufik, CEO MarkPlus Tourism pada Planet Tourism Indonesia 2021 Day 1.

Taufik menegaskan bahwa dengan seluruh pemangku kepentingan yang bergerak bersama untuk membantu pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia, pemulihan ini diharapkan dapat berlangsung lebih cepat dari yang diharapkan. Muaranya, upaya ini dapat memberikan manfaat untuk pelaku dan pendukung di sektor pariwisata.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

MARKETEERS X








To Top