Automotive

Masih Menjadi Idola, Berikut Lima LMPV Terlaris per Maret 2020

Foto: Wuling Confero

Industri otomotif sedang mengalami masa sulit di tengah pandemi COVID-19. Bahkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memprediksi penjualan mobil nasional tahun ini hanya sekitar 600 ribu unit. Prediksi ini pun didukung oleh riset dari MarkPlus Institute. Belum lama ini, divisi riset dari MarkPlus, Inc. menyebutkan bahwa konsumen otomotif di Indonesia sedang menunda pembelian mereka.

Dari 105 responden yang diteliti, 22% menyatakan akan melakukan pembelian mobil pada kuartal keempat 2020. Dengan harapan pandemi ini telah berakhir. Sementara, sebanyak 52% responden sedang menahan diri pembelian mereka hingga tahun 2021.

Salah satu segmen yang masih ramai digemari adalah segmen mobil low multi-purpose vehicle (LMPV) atau yang jamak dikenal sebagai mobil keluarga. Jika melihat data penjualan wholesales Gaikindo, ada lima mobil paling banyak dijual secara wholesales pada periode Maret 2020.

Lima mobil tersebut meliputi Wuling confero, Honda Mobilio, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, dan Toyota Avanza. Masing-masing kendaraan membawa diferensiasi yang cukup unik. Berikut perbandingannya.

Wuling Confero series

Meski mendapat label pendatang baru, LMPV dari Negeri Tirai Bambu, Wuling seri Confero mampu menunjukkan taringnya. Wuling memasarkan Confero dalam satu pilihan mesin dan transmisi yaitu mesin 1.500 cc dengan transmisi manual 5-percepatan.

Salah satu nilai jual yang ditawarkan dari mobil ini adalah fitur hiburannya. Misalnya headunit berukuran 8 inci. Head unit ini menampilkan beberapa menu, seperti tampilan audio visual system sebagai fitur hiburan dan beberapa panel fungsional lain. Selain itu, headunit ini juga sudah dilengkapi dengan USB port dan Bluetooth.

Untuk mengatur hembusan AC serta suhu, Wuling membenamkan fitur canggih yaitu AC Controller with Electromotion dan Dual Blower. Salah satu fitur yang tidak ada di LMPV lain ialah kehadiran USB port di setiap barisnya. Tak sampai di situ, fitur lain seperti Charging Port dengan Mirror Link, MID dengan TPMS, serta Steering Switch Control juga hadir dalam LMPV asal China ini.

Sejalan dengan fitur berlimpah, dari segi keamanan seri Confero juga bisa dikategorikan cukup baik. Pasalnya beberapa fitur keamanan sudah tertanam di mobil ini seperti, pengereman Disc pada bagian depan) dan Drum pada bagian belakang yang sudah dilengkapi dengan teknologi Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD), Dual SRS Airbag, dan Rear Parking Camera.

Kesuksesan Confero masuk ke lima besar LMPV terlaris di Indonesia tak terlepas dari kontribusi SAIC-GM-Wuling (SGMW) yang menaungi brand Wuling di Indonesia. Berbicara tentang SGMW, perusahaan patungan ini dikabarkan baru saja meraih milestone yakni berhasil memproduksi 22 juta unit.

Total produksi yang mencapai 22 juta unit ini merupakan akumulasi dari empat pabrik SGMW yang berlokasi di Liuzhou, Baojun, Qindao, dan Chongqing selama kurun waktu 35 tahun, mulai dari 1985 – Mei 2020. Jumlah ini juga termasuk ekspor yang berhasil dilakukan ke 40 negara di dunia. Pencapaian tersebut pun dirayakan pada 25 Mei 2020 di pabrik SGMW di Liuzhou, China.

Bersamaan dengan perayaan tersebut, perusahaan juga meluncurkan logo baru berwarna silver. Logo baru ini memiliki arti sebagai perwujudan citra produk di pasar global yang dapat diandalkan serta memiliki durabilitas produk yang baik. Peluncuran logo terbaru SGMW ini sekaligus menjadi senjata untuk memperkuat strategi SGMW di pasar otomotif dunia.

Honda Mobilio

Honda Mobilio mencatatkan penjualan per Maret 2020 sebanyak 1.558 unit. Tidak seperti kebanyakan LMPV, Honda Mobilio mengandalkan satu varian mesin yaitu 1.500 cc SOHC. Mesin ini tidak bisa diremehkan. Pasalnya, jantung dari mobil ini memiliki tenaga yang paling besar di antara pesaingnya.

Honda Mobilio mampu menghasilkan tenaga 118 hp pada 6600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4600 rpm. Mesin yang digendong Mobilio merupakan mesin dengan segudang teknologi canggih. Sebut saja seperti fitur ECO Indicator yang akan mendukung gaya berkendara hemat bahan bakar dan sudah setara dengan standar Euro IV, sistem injektor bahan bakar berteknologi PGM-FI, dan teknologi Torque Boost Resonator yang sanggup meningkatkan torsi Honda Mobilio pada putaran bawah dan power maksimal pada putaran atas.

Selain memerhatikan mesin, nampaknya Honda juga memerhatikan kenyamanan penumpang. Hal tersebut dapat terlihat dari pengaplikasian fitur entertainment yang meliputi; layar sentuh seluas 6.2 inci berteknologi Resistive yang dilengkapi dengan USB Port, AM/FM Radio, Compatible w/iPod/iPhone, CD/DVD Player, AUX-IN, Bluetooth, Hands-Free Telephone (Tipe E).

Lalu Head unit dengan New 2DIN Audio + USB Port, AM/FM Radio, Compatible w/ iPhone & iPod, Aux In, CD Player, Bluetooth, Hands-Free Telephone pada Mobilio Tipe S. Dan tambahan Layar Capacitive Touchscreen Display 8 inci yang bakal didukung fitur AM/FM Radio, USB Port, Compatible w/ iPhone & iPod, AUX-IN, Bluetooth, Hands-Free Telephone, Smartphone Connection (Tipe RS).

Daihatsu Xenia

Dari data yang diunggah Gaikindo, hingga Maret 2020 Xenia telah terjual sebanyak 1.684 unit. Walaupun angka penjualan yang berbeda jauh dengan saudaranya, Avanza, sebenarnya Daihatsu Xenia memiliki fitur serta mesin yang identik dengan kembarannya tersebut.

Dari segi performa, LMPV besutan Daihatsu ini dijual dalam dua varian mesin 1.500 cc dan 1.300 cc. Hal tersebut juga berlaku untuk pilihan transmisi, di mana Daihatsu menawarkan dalam dua pilihan transmisi yakni 5-percepatan manual dan 6-percepatan otomatis. Tenaga yang dihasilkan pun terbilang cukup untuk sebuah mobil keluarga yaitu 104 hp pada 6000 rpm dan torsi 139 Nm pada 4200 rpm.

Dari segi fitur keamanan pun tak kalah dengan pesaingnya di kelas LMPV. Misalnya, Window Jam Protection pada jendela depan, Side Impact Beam, Dual Airbag di bagian depan, hingga sistem pengereman yang didukung teknologi ABS dan EBD. Berbicara kenyamanan, Daihatsu Xenia dilengkapi dengan tipe suspensi MacPherson Struts dan Stabilizer di bagian depan dan suspensi tipe 5-link, Rigid-Axle per keong untuk bagian belakang.

Sementara untuk memanjakan penumpang, di dalam kabin Xenia telah tersemat headunit double DIN Touch screen yang dilengkapi fitur-fitur hiburan dan sistem pengaturan konektivitas. Mulai dari DVD Player, MP3 Player, konektivitas iPod/iPhone/Android, USB, Radio, hingga Bluetooth. Pengaturan AC pun dibuat kekinian dengan menggunakan pengaturan digital.

Mitsubishi Xpander

Bergaya futuristis, Mistubishi Xpander cukup menarik perhatian di awal kedatangannya. Per Maret 2020, LMPV besutan pabrikan berlogo tiga berlian ini mampu menorehkan penjualan sebanyak 2.797 unit.

Berbeda dengan Avanza, Xpander hanya ditawarkan dalam satu pilihan mesin yakni mesin 1.500 cc. Pun begitu, terdapat dua pilihan transmisi yang dapat dipilih antara lain 5-percepatan manual dan 4-percepatan otomatis. Tenaga yang dihasilkan pun tidak terpaut jauh, Xpander mampu memproduksi tenaga 102.5 hp pada 6000 rpm serta torsi 141 Nm pada 4.000 rpm.

Untuk menghentikan laju mobil, Mitsubishi mengandalkan disc brake pada bagian depan dan drum brake di bagian belakang. Sistem pengereman ini juga sudah disematkan teknologi ABS, BA, dan EBD. Di samping itu, demi menjaga kenyamanan khas mobil keluarga, Mitsubishi mencangkokan suspensi berjenis MacPherson Strut Coil Spring di bagian depan dan Torsion Beam di bagian belakang.

Untuk bersaing dalam hal kenyamanan di dalam ruang kabin, Xpander dibekali dengan beberapa fitur kekinian seperti head unit yang sudah dilengkapi dengan layar sentuh lebar, sistem navigasi yang terintegrasi, koneksi jarak dekat serta fitur hiburan lain seperti pemutar musik.

Toyota Avanza

Nama Toyota Avanza tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Mobil keluarga 7-penumpang ini mampu menghipnotis konsumen dengan desain dan kepraktisan yang dimilikinya. Bahkan bedasarkan data yang diunggah Gaikindo, penjualan Avanza mencapai 7.086 unit per Maret 2020.

Avanza dipasarkan dalam dua varian mesin yaitu mesin 1.300 cc dan 1.500 cc yang sama-sama memiliki konfigurasi 4-silinder segaris dan berteknologi DOHC dual VVT-i. Begitu pun dengan pilihan transmisi yang terbagi dalam pilihan 6-percepatan otomatis dan 5-percepatan manual. Dengan modal ini, Avanza memproduksi tenaga 104 hp di 6000 rpm dan torsi 139 Nm di 4200 rpm.

Menilik lebih dalam, kini Avanza telah dibekali dengan New Premium Touchscreen yang di dalamnya terdapat fitur Link (USB Mirroring), Emergency Call, USB Connection, Bluetooth, DVD Player, iPad/iPhone Connectivity, dan pengaturan 6 Speakers. Selain itu, lingkar kemudi baru serta layer MID berkonsep New Combination Meter Design turut disematkan di mobil ini.

Walaupun berada di kelas LMPV, namun sistem pengereman pada mobil ini telah didukung oleh ABS dan EBD. Sayangnya, dari segi keamanan LMPV andalan Toyota ini hanya dibekali dua buah airbag pada bagian depan walaupun seat-belt tidak absen hingga baris ketiga.

MARKETEERS X








To Top