Automotive

Masuk Periode Kedua Diskon PPnBM, Mitsubishi Xpander Dapat Potongan Hingga Rp 9 Jutaan

Foto: Mitsubishi Xpander

Periode pemberian relaksasi pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) untuk pembelian mobil baru berkapasitas silinder sama atau di bawah 1.500 cc 100% untuk telah usai pada Mei lalu. Pemerintah pun menerapkan diskon PPnBM sebesar 50% di periode kedua yang berlangsung pada Juni hingga Agustus 2021.

Salah satu kendaraan yang turut merasakan insentif dari pemerintah ini adalah Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross. MPV 7-seater ini pada periode pertama diskon PPnBM tercatat mengalami kenaikan permintaan yang signifikan. Terhitung mulai dari Januari hingga Februari Mitsubishi memproduksi kedua mobil keluarga tersebut sebanyak 2.500 unit. 

“Berkat penerapan program insentif PPnBM oleh Pemerintah Indonesia, permintaan terhadap Xpander dan Xpander Cross di luar perkiraan,” ujar Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura. 

Kenaikan permintaan terhadap Xpander dan Xpander Cross tak lepas dari potongan harga PPnBM 100% senilai Rp 14,9 juta-Rp 16,93 juta untuk Mitsubishi Xpander, dan Rp 18,14 juta-Rp 18,3 juta untuk Xpander Cross.

Periode Kedua

Sementara di periode kedua ini, Xpander dan Xpander Cross kembali mendapat diskon PPnBM, yakni sebesar 50%. Jika dihitung, konsumen bisa mendapatkan keringanan mulai dari Rp 7 juta sampai Rp 9 jutaan setiap pembelian mobil ini.

Diskon PPnBM 50% tidak hanya berlaku untuk setiap pembelian mobil di bulan Juni-Agustus, tetapi juga mobil yang di pesan pada Maret-Mei 2021 tapi baru bisa didapat pada bulan Juni. 

Hal ini dikarenakan inden mobil akibat permintaan yang tinggi pada periode pertama diskon PPnBM. Seperti diketahui, pengenaan PPnBM tidak dilakukan saat konsumen melakukan SPK, tetapi saat pembukaan faktur penjualan yang prosesnya dilakukan saat kendaraan dikirim ke konsumen.

“Saya pun ingin menyampaikan permintaan maaf kepada konsumen yang masih menunggu unitnya dikirim karena permintaan yang sangat tinggi ini. Kami terus melakukan usaha terbaik untuk mengakselerasi dan menjawab permintaan konsumen,” pungkas Naoya.

MARKETEERS X








To Top