Finance

Masuki Usia 80 Tahun, OCBC NISP Targetkan Menjadi Sustainability Bank

Sumber: OCBC NISP

Berawal sebagai bank kecil di kota Bandung pada tahun 1941, OCBC NISP kini menginjakkan usia ke-80 beroperasi di Indonesia. Seiring dengan umur yang bertambah, semakin berjaya pula bisnis dan layanan bank ini. Di umur sekarang ini, OCBC NISP telah berhasil memperluas layanan ke seluruh Indonesia, bahkan berhasil beradaptasi dengan segala kondisi ekonomi yang pernah dialami Indonesia. Termasuk bertahan sebagai bank dengan citra anak muda.

Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur OCBC NISP mengatakan rahasia keberhasilan bank yang dipimpinnya adalah kemampuan bank untuk fokus pada kebutuhan nasabah. OCBC NISP memosisikan diri sebagai mitra nasabah, sehingga memiliki peran besar dalam hidup mereka, terutama sebagai penyedia solusi finansial yang dapat meningkatkan kualitas hidup.

“Di usia barunya, OCBC NISP memiliki tiga komitmen besar, yaitu mendorong peningkatan literasi keuangan, mendukung perkebangan UKM, dan mempertahankan keberlanjutan bisnis atau sustainability,” paparnya.

Lebih lanjut, Parwati memprediksikan bahkan Indonesia akan menjadi salah satu negara dengan ekonomi terbesar di dunia. ketiga komitmen tersebut merupakan cara OCBC NISP membaca peluang sekaligus menghadapi tantangan yang akan dihadapi pemain industri di masa depan.

Pertama, upaya peningkatan literasi keuangan masyarakat dilakukan agar nasabah bank bisa lebih memahami cara untuk menjaga keuangan mereka sehat (financially fit). Salah satunya dengan mengenalkan layanan perbankan yang komprehensif untuk ‘menjaga kesehatan’ kondisi keuangan nasabah di berbagai kondisi.

Kedua, Indonesia memiliki lanskap bisnis UKM yang sangat besar. Sektor ini bahkan kontributor perekonomian terbesar terhadap PDB. Parwati mengatakan dengan mendukung UKM, secara tidak langsung pihaknya ikut berkontribusi terhadap pertumbuhan perekonomian nasional.

Terakhir adalah bagaimana OCBC NISP mengambil peran untuk mendorong sustainability business melalui pembiayaan sektor bisnis. Sehingga, kontribusi kami akan lebih besar lagi di lanskap perekonomian, sosial, dan lingkungan,” tambah Parwati.

Sejalan dengan komitmen tersebut, OCBC NISP mengangkat pesan #MELAJUAUH untuk merayakan usianya yang ke-80. Hal ini diwujudkan dengan bukti bank yang terus bertransformasi sesuai dengan kondisi perekonomian dan perkembangan masyarakat. Contohnya, kini, OCBC NISP memfokuskan layanannya terhadap kategori corporate banking, nasabah muda, dan digital banking.

“Bisnis kami akan terus fokus pada kebutuhan nasabah dan ke mana nasabah bergerak. Ke depannya, tidak hanya produk perbankan, tapi kami akan memperkuat hubugan kami dengan nasabah lewat kualitas layanan dan memperluas cakupan mitra perbankan,” tutup Parwati.

 

Editor: Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top