Mau Beli iPad Pro? Ini Perbedaan Cip M4 Apple dengan M3

marketeers article
Ilustrasi cip M4. (FOTO: Apple)

Apple telah menyajikan terobosan terbaru lewat cip M4. Saat ini, penerus dari cip M3 baru bisa ditemukan dalam sejumlah Mac dan iPad.

Saat ini, cip M4 hanya hadir di iPad Pro 2024, yang berarti informasi tentang cip ini dan apa yang bisa dilakukannya agak terbatas. Namun, M4 dipercaya juga akan diterapkan ke Mac.

Berbeda dengan M4, M3 tidak pernah muncul di iPad manapun. iPad Air baru dan iPad Pro generasi sebelumnya menerapkan cip M2, sedangkan iPad dan iPad mini menggunakan cip A14 dan A15, secara berturut-turut. Baik M3 maupun M4 dibuat menggunakan proses manufaktur 3nm, lebih kecil dibandingkan cip M2 yang dibuat dengan manufaktur 5nm.

BACA JUGA: Lagi, Penjualan Apple Kalahkan Samsung di Segmen Ponsel Premium

Dilansir dari DigitalTrends pada Jumat, (10/5/2024), perlu dicatat bahwa M4 adalah cip 3nm generasi kedua, yang berarti ada beberapa perbaikan kecil pada efisiensinya dan outputnya. Perbedaan yang paling mencolok adalah jumlah inti yang dimiliki oleh masing-masing cip.

M3 memiliki CPU 8 inti yang terdiri dari empat inti kinerja dan empat inti efisiensi. Ini ditambah dengan GPU 8 inti atau 10 inti (tergantung pada model) dan Neural Engine 16 inti.

Sementara itu, M4 memiliki CPU 9 inti atau 10 inti (dengan tiga atau empat inti kinerja dan enam inti efisiensi), GPU 10 inti, dan Neural Engine 16 inti. Ini berarti bahwa ada peningkatan beberapa inti.

Dalam hal Neural Engine, Apple mengatakan bahwa cip Apple terbaru ini dapat melakukan 38 triliun operasi per detik (TOPS). Untuk perbandingan, M2 dapat mencapai 15,8 TOPS, sedangkan M3 dilaporkan mencapai 18 TOPS.

BACA JUGA: Diam-diam, Apple Kembangkan Cip AI Khusus untuk Pusat Data

Ada beberapa perbedaan lain yang perlu diperhatikan. M4 milik Apple ini dilengkapi dengan 28 miliar transistor dibandingkan dengan M3 yang memiliki 25 miliar transistor.

M4 juga memiliki bandwidth memori 120Gbps dibandingkan dengan M3 yang memiliki 100Gbps. Ada juga mesin yang didedikasikan di M4 yang tidak ada dalam semua chip Apple sebelumnya, dan mesin ini digunakan untuk menangani tampilan OLED di iPad Pro baru.

Baru-baru ini, cip M4 muncul di situs pengujian benchmark Geekbench. Di sana, M4 mencapai skor 9.234 dalam pengujian ML 0.6.0 situs web tersebut, yang mengukur kemampuan pembelajaran mesin. Artinya, itu sekitar 23% lebih tinggi dari M2 dan sekitar 10% lebih baik dari M3.

Editor: Eric Iskandarsjah 

Related