Melihat Independensi Konsumen Saat Membeli Produk

marketeers article

Memahami faktor pendorong keputusan pembelian adalah hal yang penting bagi para pemasar. Dalam upaya membantu para pemasar melakukan hal itu, MarkPlus Insight mempersembahkan Profil Konsumen Indonesia 2015 yang didasarkan pada survei di 18 kota di seluruh Indonesia.

Penelitian ini juga digunakan untuk menentukan jawara-jawara WOW SEA 2015 yang bertujuan untuk memberikan penghargaan bagi jawara lokal di kota-kota yang telah memberikan pelayan terbaik kepada konsumen mereka. Mengacu pada survei yang dilaksanakan MarkPlus Insight antara Januari dan Februari 2015 yang meliputi 600 responden, konsumen di Palembang sangat mempertimbangkan pendapat orang lain, termasuk keluarga dan teman-teman mereka, ketika hendak membeli asuransi, peralatan elektronik, serta makanan dan minuman.

Masukan keluarga dan teman-teman memiliki pengaruh tinggi bagi konsumen saat mereka akan membeli produk seperti perabotan, membeli rumah, atau merencanakan tempat berlibur. Meski begitu, untuk urusan pembelian gadget, pakaian, dan kendaraan, konsumen lebih mengutamakan pendapat sendiri.

Hal ini menunjukkan pentingnya konversi dari 'Ask' menjadi 'Act' dan 'Act' menjadi ‘Advocate’ dalam jalur 5A pelanggan. Sebagai contoh, para pemasar produk keuangan harusnya memberikan fokus lebih besar pada pembentukan rekomendasi positif dari pengguna yang ada tentang produk mereka. Alasannya, rekomendasi yang positif adalah faktor penting yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Untuk brosur dan contoh laporan Profil Konsumen Indonesia 2015 – Palembang, silahkan klik di sini.

Related