Media

Melihat Tiga Tahun Perjalanan TikTok di Indonesia

Sumber: TikTok

TikTok tengah merayakan tiga tahun kehadirannya di Indonesia. Dalam jangan waktu tersebut, TikTok membuktikan pertumbuhan yang signifikan. Yang dulunya sempat diremehkan, kini TikTok menjadi salah satu pemimpin pasar peredaran konten di Indonesia.

Di usianya yang ketiga pada bulan September 2020 ini, TikTok meluncurkan kampanye #SamaSamaDariTikTok. Kampanye ini menjadi ajang TikTok dalam merunut perjalanannya di Indonesia. Melalui kampanye ini juga, TikTok berusaha mengapresiasi para kreator konten yang telah berperan membesarkan nama TikTok lewat konten-konten kreatifnya,

“Peran konten kreator dalam membesarkan nama TikTok tidak dapat dipungkiri lagi. Sebagai sebuah platform konten, ide-ide konten, hashtag, hingga konten tantangan yang diciptakan berhasil menarik lebih banyak orang untuk menggunakan TikTok dan ikut menjadi kreator,” kata Angga Anugrah Putra, Head of User and Content Operations TikTok Indonesia.

Melalui kampanye #SamaSamaDariTikTok, platform ini kembali menggugah ingatan penggunanya berbagai konten dan fitur yang sempat viral dan menjadi latar belakan kesuksesan TikTok. Pertama, ada fitur duet yang memungkinkan penggemar berduet dengan penyanyi idolanya. Uniknya, fitur ini tidak hanya memuaskan para penggemar, tapi juga membantu musisi untuk mempromosikan musiknya. Sebut saja penyanyi Yura Yunita, Francis Karel, hingga NIKI yang menggunakan fitur ini untuk berinteraksi dengan penggemar sekaligus mempromosikan lagu baru.

Konten kedua yang banyak dibuat di TikTok adalah video tantangan yang diciptakan oleh sejumlah musisi. Mulai dari tantangan bernyanyi, bergaya, hingga tarian ikonik dari lagu tertentu, Sejumlah tantangan berhasil dilakukan oleh pengguna TikTok dari seluruh dunia seperti Anysong dari ZICO dan How You Like That dari Blackpink. Tidak hanya selebritas asal Korea Selatan, keunikan musisi Lathi dari Indonesia juga sempat viral karena menciptakan tantangan konstruksi adegan transisi yang ikonik.

Di Indonesia sendiri, TikTok menjadi salah satu sumber video berunsur edukasi, komedi, dan kuliner. Angga mengatakan, dari konten hiburan, ketiga jenis konten ini selalu menjadi yang teratas diakses oleh pengguna TikTok.

“Konten edukasi menjadi yang paling banyak diunggah di TikTok oleh kreator Indonesia. Tidak hanya edukasi belajar, tapi juga tutorial memasak. Fenomena terbesar masih dipegang oleh tutorial kopi dalgona yang berawal dari unggahan seorang kreator konten, hingga menjadi tren minuman yang dicoba oleh hampir semua orang,” tambah Rangga.

Perjalanan kesuksesan konten TikTok bersamaan dengan kesuksesan kreatornya. Melalui kampanye barunya ini, TikTok berharap akan ada semakin banyak kreator yang ingin menuangkan kreasinya di platform tersebut.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top