Lifestyle

Memulai Gaya Hidup Sehat dengan Konsumsi Produk Natural

Ilustrasi: 123RF

Sudah menjadi rahasia umum jika barang-barang yang digunakan manusia dalam kehidupan sehari-hari banyak yang mengandung bahan-bahan kimia. Sering kali bahan kimia yang terdapat dalam produk makanan dan minuman menimbulkan masalah yang serius, mulai dari pencemaran lingkungan hingga berdampak kepada kesehatan manusia.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, banyak pihak yang mengampanyekan produk natural atau produk dengan bahan organik. Atau, mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan alami di dalamnya. Produk-produk natural ini bisa mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan manusia dan lingkungan sekitar.

Kelebihan yang ditawarkan dengan menggunakan produk natural salah satunya adalah gaya hidup go green. Gaya hidup go green identik dengan gaya hidup yang ramah lingkungan. Dengan membeli produk natural, akan berdampak baik terhadap kesehatan dan juga lingkungan sekitar. Salah satu cara untuk memulainya adalah dengan membeli barang-barang biodegradable yang sudah mulai banyak dijual di pasaran. 

Mengonsumsi makanan dan minuman dengan bahan organik sebagai bahan utamanya juga akan memberikan dampak baik bagi kesehatan. Banyak orang tahu jika mengonsumsi makanan atau minuman ringan hingga fastfood secara berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Sebab itu, penting bagi tubuh manusia untuk diberi asupan-asupan dari bahan-bahan alami. 

Di samping itu, jika manusia tetap menggunakan produk-produk rumah tangga dengan bahan kimia sebagai bahan utamanya juga akan merusak lingkungan secara perlahan. 

Sebagai contoh adalah pengunaan deterjen, deterjen mengandung bahan bernama Linear Alkyl Benzene Sulphonic Acid atau LABSA. LABSA merupakan zat aktif turunan dari minyak bumi yang merupakan sumber daya yang tidak dapat diperbaharui, artinya bahan ini bisa habis di kemudian hari. 

Selain itu, LABSA juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Dampak buruk LABSA pada manusia adalah menjadikan kulit merah-merah, gatal, hingga kulit mengelupas dan kasar. 

Produk deterjen yang memiliki kandungan LABSA bisa digantikan dengan deterjen yang lebih ramah lingkungan dengan bahan Methyl Ester Sulfonate atau MES sebagai bahan utamanya.  MES terdiri dari bahan-bahan organik sehingga bisa mengurangi pencemaran lingkungan serta lebih aman untuk kulit manusia.

Di samping kelebihan tersebut, produk-produk natural memiliki kekurangan. Kekurangan dari produk natural terletak pada harga produk itu sendiri. Hal tersebut lantaran produk natural diambil dari alam seperti sari tumbuhan. 

Untuk mendapatkan bahan-bahan alami ini tentu biaya yang dikeluarkan akan lebih banyak ketimbang menggunakan bahan kimia yang bisa jauh lebih murah harganya. Tetapi melihat efek samping yang ditimbulkan, tidak ada salahnya untuk mulai menggunakan produk-produk natural, bukan?

Most Popular








To Top