Property

Menakar Seberapa Menguntungkan Tinggal di Jakarta Selatan

Ilustrasi: 123RF

Tinggal di Jakarta merupakan impian bagi sebagian orang. Selain memiliki fasilitas yang memadai, kota ini juga menawarkan gaya hidup yang serba modern. Salah satu kota administratif paling terkenal di Jakarta yang terkenal dengan gaya hidup modernnya adalah Jakarta Selatan. Hal ini menjadikan Jakarta Selatan sebagai lokasi favorit untuk tinggal di Jakarta, terutama di kalangan generasi muda. 

Tapi, seberapa layak sebenarnya memiliki rumah di Jakarta Selatan? Benarkah kawasan ini menawarkan lebih banyak keuntungan dibandingkan kawasan lain di Jakarta? Simak lima indikator berikut ini untuk menentukan seberapa layak tinggal di Jakarta Selatan yang dirangkum dari laman Dekoruma.

Akses transportasi yang lancar dan mudah

Jakarta Selatan memiliki jalur Jakarta Mass Rapid Transit (MRT) yang menghubungkan kawasan Lebak Bulus hingga Bundaran HI, yang kini jadi moda transportasi favorit warga Jakarta. Selain itu, kawasan ini juga dilintasi jalur Commuter Line yang terhubung dengan kota-kota penyangga di pinggir Jakarta, seperti Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang. Belum lagi bus TransJakarta yang tersedia di banyak titik. 

Bisa dibilang, Jakarta Selatan memiliki moda transportasi umum yang cukup baik dan bisa diandalkan oleh warganya. Dan berkat akses transportasi yang baik ini, mobilitas akan semakin mudah dan cepat.

Infrastruktur dan fasilitas yang lengkap

Infrastruktur dan fasilitas sangatlah penting diperhatikan ketika mempertimbangkan lokasi tempat tinggal. Di antaranya sekolah, rumah sakit, sarana hiburan, dan lainnya. 

Dan seperti yang kita tahu, Jakarta Selatan merupakan salah satu wilayah di Jakarta yang menawarkan infrastruktur dan fasilitas yang paling lengkap. Transportasi publik, jalan raya yang lebar, deretan mal dan pusat perbelanjaan, taman, sarana olahraga, hingga sekolah mulai dari jenjang prasekolah hingga perguruan tinggi, semua ada di Jakarta Selatan. 

Tatanan kota yang rapi dan bersih

Tinggal di kawasan yang rapi, asri, dan bersih tentu lebih menyenangkan ketimbang tinggal di area yang gersang, padat penduduk, dan panas. Nah, Jakarta Selatan merupakan salah satu kawasan Jakarta yang paling bersih dan hijau. 

Jakarta Selatan juga memiliki penataan pemukiman yang baik, dan infrastruktur jalan juga dibangun dengan sangat baik. Tinggal di Jakarta Selatan, Anda akan sangat jarang menemukan jalan rusak.

Apakah harganya terjangkau?

Satu hal yang tak dapat dipungkiri, Jakarta Selatan terkenal dengan kemewahan dan kualitas hidup yang tinggi. Kebanyakan pemukiman di sini berupa perumahan elite. Meski Anda juga bisa menemukan perumahan umum di beberapa kawasan, rasanya sulit mendapatkan rumah dengan harga di bawah Rp 1 miliar di Jakarta Selatan. 

Apakah bebas banjir?

Bebas banjir adalah salah satu kriteria yang harus dipertimbangkan ketika memilih tempat tinggal. Salah satu kawasan di Jakarta Selatan yang terkenal sebagai langganan banjir adalah Bangka dan Kemang. Beberapa kawasan, meski tak sesering Bangka dan Kemang, juga berpotensi mengalami banjir saat curah hujan sangat tinggi. 

Nah, lima indikator di atas bisa menjadi pertimbangan untuk Anda yang ingin memiliki rumah di sekitar Jakarta Selatan. Jadi, dari skala 1-10, seberapa worth it tinggal di Jakarta Selatan?

MARKETEERS X








To Top