Automotive

Mencoba Langsung Tiga Nilai Jual Hyundai New Santa Fe

Hyundai New Santa Fe
Foto: Marketeers

Pada awal April lalu, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) telah meluncurkan sport utility vehicle (SUV) andalannya, New Santa Fe. Dibanderol dengan harga mulai dari Rp 569 juta hingga Rp 729 juta (on the road DKI Jakarta), HMID mengincar segmen keluarga dan optimistis bisa bersaing dengan kompetitornya dari Jepang yang sama-sama bermain di kelas SUV Medium. Beruntung, tim Marketeers mendapat kesempatan untuk menjajal Hyundai New Santa Fe di dalam perjalanan Jakarta-Bogor-Jakarta dalam acara media test drive bertajuk ‘Safe Driving Day with New Santa Fe‘. Seperti apa rasa dari mobil ini?

Secara keseluruhan, Hyundai membekali New Santa Fe dengan beberapa kelebihan yang bisa mengalihkan perhatian calon pembeli dari pesona kompetitornya. Beberapa kelebihan tersebut dirangkum melalui tiga poin berikut.

Desain Modern dengan sentuhan khas

Dari tampilan luar, terlihat jelas Hyundai New Santa Fe memiliki desain yang sangat modern. Hal ini dapat terlihat dari penggunaan LED T-shaped light yang senada di bagian depan maupun belakang. Sentuhan modern ini dipertegas dengan penggunaan cascading grille khas Hyundai yang menyiratkan kesan gagah di bagian muka mobil ini. Geser ke samping, penggunaan premium wheel 18 inci terlihat menyatu dengan tarikan tegas di body mobil.

Hyundai New Santa Fe

T-shaped Headlight Santa Fe

Hyundai New Santa Fe

Eksterior Santa Fe

Masuk ke dalam kabin, kesan mewah mampu dihadirkan oleh Santa Fe. Kesan ini didapat Marketeers di dalam kabin premium New Santa Fe varian Signature. Floating high console yang dilengkapi dengan transmisi shift by wire, ambient mood yang dapat diatur, material soft touch di beberapa titik, hingga sentuhan kursi berbahan leather sampai ke kabin belakang hadir di SUV tiga baris ini. Tak lupa dengan segmen pasar yang diincarnya, Hyundai juga membekali New Santa Fe dengan bagasi yang luas dan panoramic sunroof yang membentang panjang dari depan ke belakang.

Driving performance

Menjadi produk yang menawarkan kenyamanan sedang dibangun oleh HMID sebagai positioning Hyundai. Untuk mewujdkan hal tersebut, pengalaman berkendara menjadi daya jual New Santa Fe. Termasuk dari sisi performa kendaraan. Soal mesin, New Santa Fe dihadirkan dengan dua pilihan mesin, mesin bensin dan mesin diesel.

Menjajal mesin bensin 2.500 cc 6 percepatan, kami merasakan mesin mobil yang cukup responsif. Mesin berkode Theta III 2.5 MPI ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 180 PS dan torsi maksimal 232 Nm. Di dalam jalan bebas hambatan dengan kecepatan konstan sekitar 100/kpj dengan mode berkendara Smart, kami mencatatkan konsumsi bahan bakar 13,3 km/liter. Tidak hanya mode Smart, Santa Fe juga memiliki mode berkendara, Comfort, Eco, dan Sport. Pengemudi pun bisa semakin nyaman karena pedal gas dan rem dari Santa Fe tidak dibuat menggantung.

Konsumsi bahan bakar Santa Fe

Active safety & convenience

Dua poin di atas akan terasa sia-sia jika tidak dilengkapi dengan fitur keselamatan yang membuat perjalanan menjadi aman. Demi memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan aman, Hyundai membekali New Santa Fe dengan fitur-fitur keselamatan yang tergolong cukup lengkap di kelasnya. Fitur keamanan aktif dan pasif menjadi daya tarik dari mobil ini.

Selama perjalanan, tim Marketeers dibantu fitur Lane Following Assist yang berfungsi menjaga posisi mobil tetap berada di tengah marka jalan, Lane Keeping Assist yang berfungsi memberikan peringatan apabila mobil keluar dari marka jalan. Lalu fitur Forward Collision Avoidance Assist (FCA) yang bisa memberikan peringatan apabila ada objek yang yang terlalu dekat dengan bagian muka kendaraan.

Fitur Active Safety Santa Fe

Dan, salah satu yang menarik adalah fitur Blind-spot View Monitor. Ketika lampu sein dinyalakan ke kanan atau ke kiri, layar dashboard pengemudi akan berubah dengan tampilan titik buta bagian belakang layaknya spion. Selain itu, bila ada objek yang terlalu dekat dari titik buta tersebut, aka nada peringatan suara dan tampilan di dashboard multi-information display (MID) Santa Fe.

Fitur-fitur ini melengkapi fitur di dalam sistem Advanced Driver Assistance System (ADAS) lainnya, seperti Rear Cross-Traffic Collision Avoidance Assist, Safe Exit Assist, Rear Occupant Alert, Surround View Monitor, dan Driver Attention Warning.

Secara keseluruhan, Hyundai New Santa Fe cukup nyaman dikendarai dengan performa yang mumpuni dan konsumsi bahan bakar yang cukup efisien. Ruang kabin yang luas, beragam fitur unggulan menawarkan kenyamanan bagi seluruh penumpang hingga ke baris ketiga.

MARKETEERS X








To Top