Media

Mengapa Video Edukasi kian Populer di TikTok

Riset Google mengungkapkan bahwa dua alasan terbesar individu mengonsumsi video singkat adalah untuk mempelajari hal baru dan menggali minat diri. Hasil riset ini ternyata sesuai dengan tren video di aplikasi TikTok. Konten edukasi adalah salah satu dari konten paling populer di TikTok.

Tren ini semakin berkembang ketika TikTok meluncurkan kampanye #SamaSamaBelajar pada Mei lalu, dan hingga kini telah mendapatkan 16,2 miliar views.

Menurut Indra Aziz, pelatih vokal profesional yang juga kreator di platform TikTok, mengakui bahwa format yang interaktif dengan durasi yang singkat mampu memberikan wadah baginya untuk terkoneksi dengan generasi muda yang gemar berkreasi dan juga membutuhkan informasi yang ringkas.

@indra.aziz

Nyanyi “di depan wajah” membuat suara jadi ga beban di leher. Bebaskan suaramu!#samasamabelajar #berbagiilmu

♬ original sound – Indra Aziz – Indra Aziz

“Selama puluhan tahun saya mengajar vokal, semakin muda generasinya memang semakin tidak ingin mendengar terlalu banyak teori. Mereka lebih senang yang to-the-point dan langsung terjun mencobanya,” kata Indra.

Ia menambahkan bahwa video tutorial yang ia bagikan di TikTok mendapatkan banyak respon dari pengguna lainnya, yang menunjukkan mereka langsung mempraktikkan tips ia berikan.

Hal senada juga disampaikan oleh Jason Iskandar, sutradara film. Jason melihat potensi video singkat sebagai bentuk kreativitas baru di industri film. Dalam kasus ini Jason menilai banyak generasi muda yang tertarik untuk terjun ke dunia film sebagai orang di balik layar, tapi belum tahu harus mulai dari mana.

“Tidak menutup kemungkinan format video singkat nantinya bisa menjadi format karya film baru, yang bisa membantu mengasah kemampuan mereka untuk memproduksi atau menyutradarai film berdurasi panjang ke depannya,” tutup Jason.

MARKETEERS X








To Top