Mengenal 5 Macam Jenis Biji Kopi Robusta di Indonesia

marketeers article
Mengenal 5 Macam Jenis Kopi Robusta di Indonesia. (123rf.com)

Kopi Robusta adalah keturunan beberapa spesies kopi, terutama Coffea canephora. Jenis kopi ini tumbuh baik di ketinggian 400–700 mdpl, dengan temperatur 21-24 °C dengan bulan kering 3-4 bulan secara berturut-turut dan 3-4 kali hujan kiriman.

Indonesia juga memiliki jenis kopi robusta dari berbagai daerah dengan cita rasa uniknya tersendiri. Dilansir dari laman resmi Nescafe, berikut beberapa jenis kopi robusta yang ada di Indonesia:

1. Robusta Lampung: Aroma Tegas dan Rasa Smooth

Provinsi Lampung terkenal dengan pasokan kopi robusta yang melimpah. Salah satu jenisnya, kopi robusta Lampung, memiliki aroma yang tegas, body utuh, dan rasa yang smooth seperti sirup. Cocok untuk dikombinasikan dengan kopi arabika.

BACA JUGA: Aeris Beauté X Kopi Kenangan Hadirkan Cloud Conceal Puff Varian Baru

2. Robusta Temanggung: Mirip dengan Kopi Moka

Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, juga merupakan penghasil kopi robusta. Kopi robusta Temanggung mirip dengan kopi moka, dengan body utuh dan aroma seperti tembakau, sangat disukai oleh banyak orang.

3. Robusta Pupuan: Aroma Unik Mirip Cokelat

Selain terkenal dengan kopi arabika Kintamani, Provinsi Bali juga menghasilkan kopi robusta, seperti kopi robusta Pupuan. Kopi ini memiliki aroma unik mirip cokelat, karena ditanam dengan metode polyculture bersama tanaman kakao.

BACA JUGA: TOMORO COFFEE Bangun Pabrik Kopi Berkapasitas 2.400 Ton per Tahun

4. Robusta Flores: Sentuhan Gandum dan Kacang-kacangan

Dari pulau eksotis Flores, kopi robusta ini memiliki rasa dengan sentuhan gandum dan kacang-kacangan. Produksinya tidak kalah dengan jenis kopi robusta lainnya, menarik banyak penikmat kopi.

5. Robusta Toraja: Mirip dengan Arabika Toraja

Selain dikenal dengan kopi arabika, Sulawesi Selatan juga menghasilkan kopi robusta Toraja. Rasanya mirip dengan arabika Toraja, dengan sentuhan kapulaga dan kayu manis.

Bisa kita lihat, dari Lampung hingga Toraja, setiap jenis memiliki aroma, rasa, dan karakteristiknya sendiri. Kopi robusta bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan kopi dengan rasa dan warna yang tegas, atau yang mudah dipadukan dengan bahan lain untuk menciptakan sajian yang nikmat.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related