Mengenal Concept Luna dari Dell, Desain yang Kurangi Jejak Karbon

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
20 Desember 2021
marketeers article
21731112 dell laptop wallpaper

Dell tidak pernah berhenti mencari cara-cara baru untuk meningkatkan efisiensi energi, menghasilkan daya dan sistem pendinginan yang lebih baik, serta bereksperimen dengan material-material yang memiliki jejak karbon lebih kecil untuk membantu menghadirkan perangkat yang menghasilkan emisi karbon yang jauh lebih kecil (decarbonized).

Karena itu, mereka memperkenalkan Concept Luna. Proof-of-conceptyang dikembangkan bersama dengan Intel dan mengeksplorasi ide-ide desain revolusioner untuk membuat berbagai komponen PC bisa dengan cepat didapatkan, diganti, dan digunakan kembali, yang artinya mengurangi penggunaan sumber daya dan memastikan ada lebih banyak material sirkular yang bisa digunakan.

Inti dari Concept Luna sederhana yaitu beralih dari menggunakan kemudian mendaur ulang ke menggunakan, menggunakan kembali beberapa kali, kemudian mendaur ulang material-material yang tidak bisa lagi digunakan di bentuk aslinya. Menegaskan visi dari apa yang mungkin bisa diwujudkan.

Mengurangi jumlah baut hingga 10 kali lipat

Hanya dibutuhkan empat baut mengakses komponen internal, yang artinya mengurangi waktu reparasi (untuk membongkar, memperbaiki, dan memasang kembali komponen-komponen utama) hingga sekitar 1,5 jam (16x lebih cepat daripada waktu reparasi produk serupa saat ini).

Konstruksi palm rest sengaja dirancang untuk memudahkan reparasi dan penggunaan kembali

Mekanisme keyboard dirancang agar mudah untuk dibersihkan, dipisahkan dari komponen-komponen lain, dan didaur ulang.

Baterai deep-cycle cell canggih

Sehingga dapat memungkinkan pengisian daya yang panjang sehingga baterai dapat digunakan selama bertahun-tahun, meningkatkan potensi perbaikan dan penggunaan ulang jauh setelah produk pertama telah berakhir masa pakainya.

Printed Circuit Board (PCB) berbasis bio baru dibuat dengan serat rami (flax)

Sebagai papan dasarnya dan polimer yang larut dalam air sebagai lem. Yang menarik papan dasar serat rami menggantikan papan dasar plastik laminasi tradisional. Dan lem polimer yang larut dalam air dapat “hancur”, artinya pendaur ulang dapat lebih mudah memisahkan bagian-bagian logam dan komponen dari papan dasar komponen tersebut.

Ide Concept Luna dan berbagai pengembangan di masa depan, serta upaya-upaya lain yang kami lakukan dimaksudkan untuk terus mengembangkan dan mempertimbangkan kembali setiap langkah dari siklus hidup produk, sehingga kami bisa menghasilkan produk-produk yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan di masa depan,” tegas Chief Technology Officer Client Solutions Group Dell Technologies  Goen Robson.

Related