Mengenal Penyebab Minimnya Views IG Reels

marketeers article
Ilustrasi pembuatan konten media sosial. (FOTO: 123RF)

Pernah membuat Instagram Reels alias IG Reels tapi jarang dilihat oleh pengguna lain? Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan hal tersebut.

Sebuah laporan dari SocialMediaToday yang dikutip pada Senin, (13/5/2024) memperlihatkan beberapa bocoran dari tim internal Instagram tentang mengapa IG Reels tidak menarik pengguna lain. Bocoran ini pun menjadi hal penting bagi para pembuat konten yang ingin maningkatkan jumlah views.

Menurut laporan, IG Reels yang dibuat dengan durasi lebih dari 90 detik, berpotensi jarang dilihat oleh pengguna lain. Ini adalah salah satu dari beberapa catatan yang dibagikan oleh tim Instagram pada acara kreator di New York minggu lalu, di mana CEO Instagram, Adam Mosseri menjawab berbagai pertanyaan tentang platform, algoritma, apa yang mereka kerjakan, dan lain-lain.

BACA JUGA: Ramai Bagikan Foto Toga di Instagram, Begini Sejarah dan Maknanya

Selain itu, Instagram mengatakan bahwa mem-posting konten yang tidak Anda buat sendiri juga berpotensi membuat IG Reels akan jarang dilihat. Menurut tim internal, otentisitas konten menjadi hal yang perlu diperhatikan pembuat konten.

Terlebih lagi, mengunggah konten dengan watermark dari aplikasi lain atau pembuat konten lain juga bisa membuat konten itu minim views. Selain itu, konten dengan kualitas video yang rendah juga akan membuat penonton malas menonton.

Tentunya bukan berarti saran dari tim internal tersebut sudah paten. Misal, Instagram memberikan izin pengguna untuk mengunggah video lebih dari 90 detik.

BACA JUGA: Survei Gen Z: Instagram Lebih Populer Dibanding YouTube dan TikTok

Panjang posting maksimum saat ini untuk Reels yang dibuat dalam aplikasi adalah 90 detik, tetapi Anda dapat mengunggah klip yang lebih panjang. Lalu, mengapa video harus di bawah 90 detik supaya efektif?

Sebetulnya, Reels dengan durasi yang lebih panjang adalah bagian dari eksperimen Instagram. Tapi, eksperimen tersebut tidak berjalan dengan baik, mengingat Instagram menyarankan orang untuk tidak melakukannya.

Bagaimanapun juga, ini adalah catatan yang relevan, yang dapat memengaruhi mengapa IG Reels jarang dilihat oleh pengguna lain. Selain durasi, kualitas dan otentisitas konten menjadi hal yang wajib dikurasi pembuat konten.

Editor: Eric Iskandarsjah

Related