Mengenal Time Dilation Disorder, Kondisi yang Bikin Waktu Terasa Lambat

marketeers article
Ilustrasi Time Dilation Disorder (Foto: 123rf)

Mei memang sudah hampir berakhir, namun tak sedikit yang merasa waktu di bulan ini berjalan sangat lambat. Hal itu ternyata disebut sebagai Time Dilation Disorder, yakni kondisi di mana seseorang merasa waktu bergerak lebih lama daripada yang sebenarnya terjadi.

Biro Psikologi Logos Indonesia dalam laman resminya di logosconsulting.co.id menyebut bahwa Time Dilation Disorder dapat membuat seseorang merasa bosan, bahkan frustasi saat menjalani kesehariannya.

Tidak menutup kemungkinan pula, kondisi tersebut akan membuat seseorang merasa lelah dan stres hingga berdampak pada kehidupan sehari-hari, termasuk kinerja di dunia profesional. Jika terus dibiarkan, hal ini bisa mengganggu kesehatan mental.

BACA JUGA: Berhenti Merokok Bisa Sebabkan Depresi, Ini 5 Cara Mencegahnya

Faktor Pemicu Time Dilation Disorder

Masih merangkum sumber yang sama, ada beberapa faktor yang memicu kondisi Time Dilation Disorder. Salah satunya adalah faktor biologis, yang umumnya baru dirasakan ketika menginjak usia lanjut.

Ya, waktu memang terasa berjalan lebih lambat ketika sudah tua. Hal ini dikarenakan semakin menua, otak juga cenderung bekerja memproses informasi dengan lebih lama.

Selain itu, kondisi ini bisa pula dipicu oleh faktor psikologis. Seseorang yang sedang merasa tegang atau cemas cenderung merasa waktu berjalan lebih lambat dibandingkan dengan yang sebenarnya.

Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh gangguan psikologis lain, seperti Time Agnosia dan ADHD.

BACA JUGA: 3 Manfaat Memeluk Kucing untuk Kesehatan Mental, Bisa Kurangi Stres

Cara Mengatasi Time Dilation Disorder

Agar waktu terasa cepat berlalu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan mencoba melakukan kegiatan baru yang menyenangkan dan belum pernah dilakukan sebelumnya.

Di samping itu, cobalah menghabiskan waktu bersama orang yang sefrekuensi, seperti sahabat, keluarga, atau kekasih. Ketika Anda mengobrol dengan mereka, besar kemungkinan waktu tak terasa sudah berlalu.

Demikianlah sekilas pembahasan mengenai kondisi yang membuat seseorang merasa waktu berjalan lambat. Jika Anda tak kunjung keluar dari situasi ini, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan ahli. Semoga bermanfaat!

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related